ADA BERITA APA HARI INI?

Pengertian Ekspor Dan Impor Yang Wajib Diketahui Untuk Profit Bisnis

TIPS
User

joshua

08 May 2023

Jenis kegiatan ekspor dan impor ini memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang berkembangnya kegiatan ekonomi pada suatu negara, dengan adanya kegiatan ini mampu mengurangi pengeluaran devisa negara. Lalu kira-kira apa pengertian Ekspor dan Impor itu dan apa saja komoditas yang dapat di ekspor dan impor? Simak artikel berikut ini 

Pengertian Ekspor Dan Impor 

Pengertian Ekspor dan Impor itu memiliki perbedaan antara keduanya. Untuk pengertian impor adalah suatu jenis kegiatan yang mana melakukan proses pembelian ke luar negeri sedangkan ekspor itu suatu jenis kegiatan dengan cara melakukan penjualan barang atau jasa ke luar negeri. Berikut adalah penjelasan lebih detail mengenai ekspor impor.

1. Pengertian Ekspor 

Ekspor itu dilakukan dengan sistem melakukan pengeluaran barang pada daerah Republik Indonesia yang mencakup wilayah darat, perairan maupun udara daerah tersebut biasa disebut dengan daerah pabean. Kegiatan ekspor ini hanya dilakukan jika produk yang dihasilkan tersebut memiliki jumlah yang tergolong besar. Maka hal ini dapat Anda kirimkan pada suatu negara yang tidak memiliki keterampilan dalam memproduksi suatu produk tersebut. Melakukan kegiatan ekspor itu memiliki tujuan serta manfaat yang harus Anda pahami, berikut penjelasannya:

a. Dengan Melakukan Kegiatan Impor Dapat Menumbuhkan Industri

Melakukan kegiatan ekspor itu adalah suatu keputusan yang tepat karena mampu menumbuhkan industri khususnya yang ada di dalam negeri. Meningkatnya suatu produk dapat meningkatkan perkembangan industri yang ada , dengan adanya hal ini maka negara mampu bersaing pada pasar internasional.

b. Dapat Digunakan Untuk Mengendalikan Harga Yang Ada

Dengan adanya kegiatan ekspor negara mampu mengendalikan harga yang ada, karena suatu produk yang ada di dalam negeri mampu dapat diproduksi dengan lebih mudah, karena bahan bakunya melimpah  sehingga harga yang ditawarkan jauh lebih murah. Dari adanya komoditas tersebut negara dapat melakukan ekspor pada negara yang belum memproduksi produk tersebut, sehingga Anda akan memperoleh keuntungan yang lebih besar.

c. Mampu Untuk Menambah Devisa Negara

Melakukan ekspor adalah pilihan yang sangat tepat karena hal ini mampu untuk menambah devisa negara. Seperti halnya mampu memperluas pasar domestik serta dapat membuka peluang jenis pasar baru ke negara luar.

2. Pengertian Impor

Ekspor itu memiliki perbedaan dengan impor khususnya dalam hal pendistribusian. Impor adalah proses memasukkan suatu barang pada wilayah Republik Indonesia yang meliputi wilayah perairan, udara maupun daratan. Jika Anda tertarik melakukan impor maka pastikan barang yang akan Anda impor itu memenuhi ketentuan yang ada. Jenis barang impor yang dilarang itu meliputi hewan, jenis obat-obatan yang haram dikonsumsi, maupun jenis benda porno. selain itu ada berbagai manfaat dan tujuan diadakannya kegiatan impor ini yaitu diantaranya:

a. Dapat Menjalin Hubungan Dengan Negara Lain 

Dengan adanya hal ini dapat membantu mengembangkan kegiatan ekonomi yang dijalankan. 

b. Dapat Meningkatkan Potensi Negara Khususnya Dalam Hal Bahan Baku

Melakukan kegiatan impor mampu meningkatkan potensi seperti halnya dalam hal bahan baku untuk proses produksi.

Hal di atas adalah pengertian Ekspor dan Impor yang dapat Anda jadikan referensi sebelum melakukan kegiatan tersebut. Selain itu Anda juga dapat mengunjungi web Mooleh.com agar Anda lebih mudah melakukan kegiatan ekspor impor.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN