ADA BERITA APA HARI INI?

Pengiriman Paket Luar Negeri

TIPS
User

joshua

03 November 2022

Tahukah anda bahwa contoh bukti pengiriman paket dari luar negeri merupakan salah satu jenis informasi yang sangat penting untuk diketahui. Terutama bagi Anda yang baru pertama kali akan mengirim atau menerima paket dari luar negeri. Berikut ini adalah penjelasannya.

Begini Alur Pengiriman Paket Luar Negeri

Sebelum membahas lebih jauh mengenai contoh bukti pengiriman paket dari luar negeri, maka tentunya perlu menyimak Bagaimanakah sebenarnya alur dari proses pengiriman baik itu menuju maupun dari luar negeri. Hal ini terbilang cukup penting untuk diketahui karena pastinya di luaran sana tidak semua orang tahu seperti apa prosedur dan proses pengiriman dari dan ke luar negeri tersebut.

1. Proses Transaksi

Mungkin setiap negara memiliki kebijakan tersendiri mengenai pengiriman dan penerimaan barang dari luar negeri. Namun untuk Indonesia sendiri penerimaan paket dari luar negeri dimulai dengan adanya proses transaksi. Misalnya saja transaksi jual beli online shop di mana transaksinya dilakukan secara virtual atau online.

2. Pembayaran

Jika pembeli sudah melakukan check out barang yang dibeli maka dilanjutkan dengan proses pembayaran yang mana sistem pembayaran yang dilakukan adalah online atau transfer.

3. Pengiriman Barang

Jika proses pembayaran sudah selesai dilakukan maka pihak penjual ada pengirim barang maupun paket akan menyerahkan paket tersebut ke jasa pengiriman agar proses pengiriman barang yang bisa segera dilakukan. Proses pengiriman barang tergantung dari mode transportasi yang dipilih oleh pengirim baik itu melalui jalur darat, laut maupun udara.

4. Pemeriksaan Bea Cukai

Perlu diketahui bahwa setiap barang yang masuk ke Indonesia maka wajib melalui pemeriksaan Bea Cukai. Umumnya paket atau barang yang tiba di Indonesia akan segera dibawa ke gudang kemudian dilakukan pemeriksaan oleh pihak Bea Cukai dengan didampingi pihak dari jasa pengiriman maupun Kepolisian.

5. Barang Dikirim Ke Alamat Penerima

Setelah melalui proses pengecekan Bea Cukai dan paket dinyatakan aman maka barang tersebut akan langsung dikirimkan ke alamat penerima paket.

Pentingnya Memantau Pengiriman Paket Luar Negeri

Selain mengerti dan memahami tentang contoh bukti pengiriman paket dari luar negeri, Anda juga wajib untuk selalu memantau perkembangan proses pengiriman paket atau barang dari luar negeri. Karena seperti pengiriman paket pada umumnya tentu jasa pengiriman menyediakan fitur yang bisa digunakan untuk melacak resi luar negeri.

Karena pengiriman paket dari luar negeri ke Indonesia harus melalui pemeriksaan Bea Cukai maka untuk memantau perkembangan pengiriman paket anda bisa melihat melalui website resmi dari Mooleh. Anda hanya cukup memasukkan nomor resi kemudian memasukkan kode yang diminta dan setelah anda menekan tombol submit maka akan ditampilkan lokasi keberadaan paket anda tersebut.

Waspada Penipuan Berkedok Paket Dari Luar Negeri!

Alasan mengapa anda wajib mengetahui contoh bukti pengiriman paket dari luar negeri adalah karena saat ini banyak sekali kejadian bermodus penipuan namun mengatasnamakan kiriman paket dari luar negeri. Agar anda tidak terjebak maka perhatikan beberapa ciri dari modus penipuan melalui kiriman paket luar negeri tersebut.

1. Penipu akan melakukan pendekatan secara personal melalui sosial media.

2. Umumnya akan melibatkan pihak kedua atau ketiga yang berperan sebagai kurir palsu.

3. Menyampaikan nomor resi palsu.

4. Meminta sejumlah biaya pengiriman kepada target atau korban.

5. Jika target atau korban sudah mengirimkan uang maka pelaku akan menghilang atau lenyap tanpa jejak.

Kelima ciri di atas merupakan tanda paling umum yang mengidentifikasikan adanya penipuan bermodus kiriman paket dari luar negeri. Agar anda tidak terjebak maka simaklah beberapa informasi penting yang ada di website Mooleh.com

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN