ADA BERITA APA HARI INI?

Cara Cek Resi Luar Negeri Yang Tepat Dan Akurat

UMUM
User

joshua

26 September 2022

Apakah ini pertama kalinya Anda memesan barang dari luar negeri, atau mendapatkan kiriman paket dari teman maupun saudara yang ada di negara lain? Kalau iya, rasanya wajar apabila Anda merasa kebingungan saat Anda mau cek resi luar negeri.

Pada dasarnya, mengecek resi adalah cara termudah untuk mengetahui posisi paket Anda saat ini, dan mengetahui dengan lebih akurat estimasi kapan paket sampai di tangan Anda. Apalagi jika pengiriman dilakukan dari luar negeri, yang pasti butuh waktu lebih lama di perjalanan.

Kalau begitu, bagaimana ya cara cek resi luar negeri? Untuk membantu Anda, simak langkah-langkahnya berikut ini terlebih dahulu, yuk!

Cara Cek Resi Luar Negeri

1. Pastikan Jasa Ekspedisi Yang Digunakan.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat akan mengecek resi paket dari luar negeri adalah memastikan apa jasa ekspedisi atau pengiriman yang dipilih pengirim. Karena jika Anda keliru, tentu saja paket Anda tidak akan bisa dicek.

Sama halnya dengan pengiriman di dalam negeri, beda jasa ekspedisi juga berarti beda format kode pengiriman. Oleh karena itu, jika Anda ingin agar hasil pengecekan resi Anda nantinya akurat, pastikan sejak awal terlebih dahulu bahwa Anda tahu apa jasa ekspedisi yang digunakan.

2. Siapkan Nomor Resi Paket Anda.

Apabila Anda sudah tahu apa nama jasa ekspedisi yang dipilih pengirim, Anda bisa langsung buka website-nya. Berkat kemajuan di bidang teknologi saat ini, Anda sekarang sudah bisa cek resi dengan mudah, cepat, dan bahkan real time secara online langsung dari website perusahaan ekspedisi tersebut.

Anda hanya perlu membuka browser yang biasa Anda pakai, kemudian masukkan alamat website resmi jasa ekspedisi tadi. Setelah itu, buka menu cek resi — biasanya namanya adalah check airway bill dan masukkan nomor resi Anda. Jika Anda belum mendapatkan nomor resi, mintalah dari pengirim.

3. Track/Lacak Nomor Resi.

Begitu Anda mendapatkan nomor resi, masukkan deretan nomor atau kode tadi ke dalam kolom yang tersedia di menu cek resi atau check airway bill. Setelah itu, tekan tombol Enter di keyboard atau tombol cek yang ada di website. Biasanya, Anda hanya akan perlu menunggu selama beberapa detik sementara sistem mencari informasi tentang paket Anda sesuai resi yang telah dikirimkan.

4. Cek Info Yang Ditampilkan.

Setelah website berhenti loading, halaman biasanya akan menampilkan informasi lengkap mengenai paket Anda, mulai dari nama dan alamat pengirim maupun penerima, dan pastinya status pengiriman. Apabila paket Anda benar sudah dikirim, tentu statusnya sudah menunjukkan bahwa paket telah berada di dalam proses pengiriman atau sudah dalam perjalanan.

Untuk posisi paket sendiri, Anda bisa cek informasi di mana lokasi terakhirnya beserta tanggal dan waktunya. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui secara pasti di mana lokasi terakhir paket Anda dan tepatnya apakah paket masih di gudang asal jasa ekspedisi, sudah berada di dalam kapal ekspedisi untuk pengiriman, sudah ada di bea cukai Indonesia, dan berbagai informasi lainnya.

Itu tadi rangkuman penjelasan mengenai cara cek resi luar negeri. Pada dasarnya, cek resi paket dari luar negeri sama saja dengan cara cek resi paket untuk pengiriman di dalam negeri, kan? Yang membedakan paling hanya bahasanya saja, karena perusahaan ekspedisi internasional biasanya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa default website-nya.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN