ADA BERITA APA HARI INI?

Perbedaan FCL Dan LCL Container Dalam Dunia Ekspedisi

UMUM
User

joshua

10 May 2023

Di era digital yang semakin canggih, bidang bisnis pun mendapatkan berbagai kemudahan terlebih bisa menjangkau masyarakat luas dengan adanya internet. Tentu saja, maraknya online shop membawa dampak besar terhadap pengiriman barang yang perlu disalurkan dari penjual ke pembeli. Lebih luas lagi, pengiriman barang juga dilakukan dalam perdagangan internasional. Salah satunya yang masih asing adalah FCL dan LCL Container.

Istilah FCL maupun LCL Container tidak pernah terdengar, tetapi keduanya berperan penting dalam pengiriman barang. Keduanya pun memiliki perbedaan, yaitu berkaitan dengan transportasi jalur laut. Dengan adanya kedua pengiriman ini, Anda bisa mengirimkan barang ke tempat yang berbeda kota maupun pulau melewati laut. Apa sih perbedaan antara keduanya yang hanya berbeda satu huruf depan saja?

Less Container Load atau sering disingkat LCL Container merupakan layanan pengiriman angkutan kontainer dengan menggabungkan barang kiriman dalam jumlah banyak dari berbagai pengirim yang dimuat dalam satu kontainer. Apabila Anda membutuhkan biaya pengiriman yang murah, maka LCL sangat direkomendasikan. Saat Anda memilih menggunakan layanan ini, perlu mengetahui dimensi kargo menurut hitungan kubikasi. Dengan menggunakan layanan ini, Anda tidak memerlukan sewa penuh satu kontainer, tetapi cukup membayar sesuai hitungan kubikasi barang. Tentunya berbeda dengan FCL, ada beberapa spesifikasi yang membedakan keduanya, antara lain:

1. Volume

Perlu diketahui, apabila volume pengiriman barang melalui laut mengacu pada kapasitas barang yang akan diangkut dengan kontainer. Oleh karena itu, pada pengiriman barang melalui laut menggunakan hitungan kubikasi yang ditentukan dalam meter kubik. Untuk layanan FCL, berdasarkan volume barang pengiriman  lebih besar dan berat. Sedangkan LCL digunakan untuk volume barang berukuran kecil serta portable.

2. Keamanan

Dalam pengiriman, tentunya keamanan barang sampai ke tangan penerima sangat diperlukan. Terlebih untuk pengiriman melewati jalur laut seperti FCL maupun LCL Container. Layanan FCL lebih aman untuk barang karena berisi jenis barang yang sama serta disewa secara penuh oleh pengirim yang sama. Sedangkan untuk LCL mempunyai resiko rusak karena terkontaminasi dengan barang yang terdapat dalam kontainer.

3. Biaya pengiriman

Tentu terdapat perbedaan yang jelas di antara keduanya tentang biaya pengiriman. Pertama FCL menetapkan biaya pengiriman berdasarkan dengan kebutuhan jumlah kontainer yang disewa dalam proses pengiriman. Sementara LCL mempunyai tarif pengiriman yang stabil karena biaya pengiriman telah sesuai dengan hitungan kubikasi.

Demikianlah perbedaan antara FCL dan LCL Container yang perlu Anda tahu. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pengiriman barang. Kini, Anda pun tidak perlu khawatir dalam melakukan pengiriman barang melalui jalur laut atau apa pun karena itu bisa dilakukan dengan ekspedisi yang terpercaya. Sekarang banyak perusahaan jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman barang, akan tetapi Anda membutuhkan yang terpercaya. Salah satunya mooleh.com yang mempermudah Anda dengan input data melalui situs web dan menjadi ekspedisi terpercaya untuk melakukan berbagai pengiriman

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN