ADA BERITA APA HARI INI?

Sejarah Sampai Fungsi Kode Pos Bandung Untuk Pengiriman Paket

UMUM
User

joshua

28 February 2023

Saat mengisi formulir pengiriman barang biasanya kode pos sering ditanyakan. Kode pos Indonesia adalah rangkaian huruf dan angka yang dicantumkan pada alamat serta paket atau surat yang akan dikirim. Jika Anda ingin mengirim/menerima paket ke Bandung, berapa kode pos Bandung

Kode pos sendiri mempunyai fungsi memudahkan penyortiran surat maupun paket yang akan dikirim. Biasanya ada 5 angka namun ada juga yang memiliki angka tambahan yang berguna sebagai lokasi agar semakin detail. 

Sejarah Awal Kode Pos

Kode pos muncul pertama kali dan diperkenalkan di Jerman pada 25 Juli 1941. Dulu bentuknya masih dua digit, selanjutnya beberapa negara baru mengetahui apa itu kode pos serta fungsinya. Sehingga banyak negara menerapkan kode pos ini. 

Seperti Inggris yang menerapkan pada tahun 1959, Amerika Serikat tahun 1963. Negara tersebut menyebut kode pos sebagai pembantu layanan pos yang masih kekurangan karyawan. Bertujuan, agar pengiriman pos semakin efektif ketika proses penyortiran, pengiriman barang maupun surat. 

Barulah setelah ketiga negara ini menerapkan, kemudian banyak negara termasuk Indonesia mulai menerapkan kode pos. Kode pos biasanya ditentukan oleh, area, zona lokal, hingga fasilitas pos regional. 

Praktik Kode Pos Indonesia Dalam Pengiriman Paket 

Kode pos di Indonesia biasanya memakai hingga lima angka. Pengaturan angka per digitnya mirip untuk seluruh wilayan Indonesia. Namun, ada perbedaan arti serta kode pos pada wilayah Jabodetabek. 

Sedangkan, pada wilayah luar jabodetabek. Bagian digit pertama menjelaskan provinsi maupun gabungan provinsi. 

Kode kedua serta ketiga menjelaskan gabungan kode kota serta kabupaten. Kemudian kode keempat menjelaskan kode kecamatan.Terakhir kode kelima menjelaskan kode desa atau kelurahan. 

Fungsi Kode Pos Bandung

Kode pos dibagi sesuai dengan area kelurahan, sedangkan kota Bandung mempunyai 30 kecamatan dengan 153 kelurahan. Artinya kota Bandung mempunyai 153 kode pos yang berbeda-beda. Kode pos Bandung berguna untuk mengirimkan paket, termasuk paket ke luar negeri. 

Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mengirimkan paket ke luar negeri bisa menggunakan jasa pengiriman ke luar negeri yakni Mooleh Apps. Anda bisa menjadi pebisnis ekspor dan impor dengan sangat mudah. 

Apa Itu Mooleh? 

Mooleh termasuk aplikasi nomor 1 yang berguna untuk berkirim barang secara internasional. Tanpa minimum jumlah pengiriman dengan harga minim pula. Mooleh hadir dengan One Stop Solution dalam ekspedisi kurir Internasional dan pastinya sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Kelebihan dari Mooleh adalah : 

  1. Membantu melakukan pengiriman paket dari Indonesia menuju seluruh dunia juga sebaliknya. 
  2. Pengiriman paket dari Indonesia ke semua barang pindahan. 
  3. Pengiriman cargo melalui jalur udara maupun laut. 
  4. Memberikan kemudahan cek harga ekspedisi hanya dengan 1 waktu. 
  5. Booking pengiriman sampai pembayaran mudah hanya butuh 1 aplikasi saja. 
  6. Kurir sigap melakukan pickup langsung barang yang Anda kirim. 

Tunggu apalagi, bagi Anda yang ingin mengirimkan paket ke luar negeri. Utamanya Anda masyarakat Bandung dan sekitarnya, silakan memilih Mooleh dan jangan lupa cantumkan kode Pos Bandung waktu pengiriman. Semoga Bermanfaat. 

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN