ADA BERITA APA HARI INI?

Pengertian Formulir Pengiriman Barang Dan Kegunaannya, Cek Disini

TIPS
User

joshua

01 November 2022

Ketika anda akan mengirimkan suatu barang maka akan  diminta mengisi formulir pengiriman barang oleh pihak jasa ekspedisi. Adapun tujuan dari pengisian tersebut ternyata untuk memberikan informasi lengkap mengenai paket yang akan dikirimkan tersebut. 

Jangan khawatir karena sebagian besar dari jasa ekspedisi ternyata telah menyediakan formulir pengiriman tersebut melalui website ataupun aplikasi langsung. Tetapi memang sebagian besar dari ekspedisi mungkin masih meminta anda buat menuliskan informasi melalui kertas langsung. Supaya anda semakin paham, maka simak penjelasannya di bawah ini. 

Pengertian Formulir Pengiriman Barang 

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa formulir pengiriman barang sendiri berisi mengenai detail dari barang bersangkutan. Adapun detail tersebut meliputi nama, alamat penerima dan pengirim, tanggal pengiriman, nomor telefon hingga jumlah ongkos kirim. Semuanya akan tertera di dalam formulir pengiriman. 

Selain itu, form tersebut biasanya akan terdiri dari satu lembar kertas dan anda tidak perlu untuk menyiapkan dokumen tambahan lainnya. Jangan khawatir karena form tersebut biasanya diberikan langsung oleh jasa ekspedisi tetapi memang sebagian besar orang akan menyiapkannya sendiri. 

Bukan hanya digunakan untuk menyampaikan informasi seputar barang tersebut, formulir inipun juga dapat dijadikan sebagai bukti untuk memeriksa kebenaran dari alamat penerimanya. Ketika paket sudah sampai di tempat tujuan maka penerima bisa melihat bukti pada form pengiriman. 

Yang Terdapat Di Dalam Formulir Pengiriman 

Sudah tahu bukan pengertian form pengiriman barang di atas? Di dalam form itulah nantinya juga terdapat sejumlah data yang perlu untuk disertakan. Adapun data-data tersebut biasanya akan tergantung dengan ketentuan pihak ekspedisi langsung. 

Agar lebih jelas berikut ini beberapa hal yang bisa anda isikan di dalam form pengiriman tersebut. 

  1. Data pengirim barang mulai dari nama, nomor hp d an alamat 
  2. Data penerima mulai dari nama, nomor hp dan alamat 
  3. Informasi mengenai barang 
  4. Tanggal penerimaan barang 
  5. Biaya yang dikeluarkan 
  6. Nomor resi 
  7. Tanda tangan pengirim barang. 

Apa Fungsi Dari Formulir Pengiriman Barang

Secara umum fungsi dari formulir tersebut adalah digunakan sebagai identitas serta bukti pengiriman. Kendati demikian terdapat fungsi yang lebih luas lainnya dimana perlu untuk diketahui diantaranya adalah

  1. Sebagai penyedia informasi mengenai pengiriman barang secara detail 
  2. Digunakan sebagai alat untuk memberikan kemudahan bagi jasa pengirim barang dalam menginput data mengenai pengiriman barang bersangkutan 
  3. Digunakan sebagai alat petunjuk bagi kurir untuk menemukan alamat 
  4. Memberikan kemudahan dalam melakukan sortir barang di Gudang 

Akan mengirimkan barang? Kalau begitu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik terlebih dahulu. Kalau anda bingung mengirimkan barang dan mendapatkan formulir pengiriman barang maka bisa langsung kunjungi Mooleh.com sebagai layanan ekspedisi dalam dan luar negeri.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN