ADA BERITA APA HARI INI?

Sortir Barang Adalah: Pengertian, Tahapan, Dan Manfaatnya

UMUM
User

joshua

08 May 2023

Dalam aktivitas logistik, kita pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah sortir gudang. Sortir barang adalah kegiatan memisahkan barang. Pemisahan ini bergantung kepada tujuan atau kualitas. Proses ini memiliki peran vital dalam kegiatan logistik. Artikel ini akan membahas bagaimana proses sortir barang, yuk simak!

Pengertian Sortir Barang 

Sortir barang adalah kegiatan memisahkan barang berdasarkan tujuan pengiriman. Gudang adalah lokasi utama dalam melakukan sortasi. Sortir barang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. 

Oleh sebab itu, petugas quality control memiliki tugas untuk menyortir barang sebelum dikirim. Sortir barang di dunia logistik adalah memilih barang sesuai dengan alamat penerima. Petugas memeriksa apakah barang tersebut layak untuk dikirim dan memastikan keamanan kemasan paketnya.

Tahapan Dalam Melakukan Sortir Barang

1. Memisahkan Barang Sesuai Dengan Alamat Penerima

Hal pertama yang dilakukan ketika melakukan sortir adalah memilah-milah barang berdasarkan kriteria tertentu. Misalnya, alamat pengiriman, ukuran barang, atau jenis pengiriman paket. Tahap sortir akan memudahkan staf gudang agar bisa mendata resi pengiriman agar barang tersebut bisa dikirim tepat dengan alamat yang dituju.

2. Sortir Alamat Dengan Three Letter Code

Three letter code adalah tiga huruf yang digunakan untuk memudahkan proses sortir barang. Tiga huruf tersebut akan memudahkan pelacakan pengiriman barang tersebut. Three letter code untuk kota-kota besar di Indonesia sebagai berikut JKT untuk Jakarta,BDO untuk Bandung, SOC untuk Solo, dan BTH untuk Batam.

3. Memilah Barang Sesuai Kategori Di Gudang

Barang-barang yang disimpan dalam gudang disortir berdasarkan kategorinya. Barang dikelompokkan berdasarkan nomor resi dan three letter code.  Selanjutnya paket akan disortir lagi berdasarkan alamat kota, kecamatan, dan kelurahan. Proses ini berguna untuk menjaga barang agar tidak tertukar alamat pengirimannya.

4. Proses Akhir

Barang akan langsung dikirim ketika sudah siap dan dokumen resinya sudah sesuai. Setelah ini kurir akan langsung mengirim paket sesuai dengan alamat penerima. Meskipun mudah, seluruh tahapan ini membutuhkan ketelitian yang tinggi. Jika tidak, maka ada kemungkinan terjadi salah proses pengiriman.

Manfaat Logistik

Sortir barang tentu memiliki manfaat bagi kegiatan logistik. Dengan sortasi, perusahaan akan lebih efisien dalam menggunakan waktunya. Sebab barang-barang yang disortir akan mempermudah pekerjaan dan meminimalisir kesalahan.

Kesalahan seperti salah kirim dan kecacatan barang bisa terhindari melalui sortasi barang. Sebab barang akan disortir berdasarkan daerah tujuan serta kategori. Misalnya apakah barang tersebut barang pecah belah atau tidak. 

Selain itu, tingkat pelayanan kepada pelanggan bisa semakin tinggi. Sebab, pelanggan akan melakukan komplain apabila terjadi kerusakan atau kehilangan barang. 

Sortir barang adalah kegiatan yang selalu dilakukan Mooleh.com demi menjaga kenyamanan pelanggan. Jadi, jika anda mencari jasa logistik yang terpercaya dan berkualitas, Mooleh.com bisa menjadi partner terbaik anda.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN