ADA BERITA APA HARI INI?

Transit Paket: Pengertian, Waktu Yang Dibutuhkan, Dan Informasi Lainnya

UMUM
User

joshua

10 March 2023

Jika kamu sering berbelanja online, kamu pasti sudah familier dengan istilah transit paket. Kamu pasti akan menemukan istilah ini saat melacak lokasi pesananmu sudah sampai mana. Sama seperti di dunia penerbangan, transit adalah istilah yang digunakan saat kita perlu berhenti sementara di suatu tempat yang sudah ditentukan sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan.

Hal yang sama juga berlaku di dunia ekspedisi. Untuk mengetahui lanjut tentang transit paket, baca artikel ini sampai habis ya!

Apa Itu Transit Paket?

Transit paket adalah status pengiriman yang menunjukkan bahwa paket sudah sampai di gudang transit, yaitu suatu tempat yang digunakan untuk menyortir dan menyimpan barang untuk sementara waktu, sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan ke lokasi berikutnya. Paket yang transit di gudang transit atau gudang logistik akan disimpan sampai jadwal pemberangkatan selanjutnya.

Transit paket perlu dilakukan karena barang-barang yang akan dikirimkan perlu didata terlebih dahulu, dipisah berdasarkan lokasi tujuan, untuk kemudian dijadwalkan keberangkatannya. Dengan adanya transit, pihak ekspedisi akan lebih mudah mengatur pengiriman barang berdasarkan wilayah tujuan sehingga barang bisa dengan cepat sampai lokasi tujuan.

Bagaimana Proses Transit Paket?

Berikut adalah gambaran proses transit paket yang dilakukan pihak ekspedisi.

  • Pengirim menyerahkan barang ke kantor pusat atau kantor cabang ekspedisi yang dipilih, atau menggunakan layanan jemput yang disediakan.

  • Barang akan disimpan di gudang logistik untuk disortir dan kemudian dijadwalkan untuk berangkat menuju fasilitas logistik berikutnya.

  • Barang akan dikirimkan ke gudang transit dan diteruskan sampai cabang transit terdekat dari lokasi penerima.

  • Di gudang transit terdekat dengan lokasi penerima, barang akan kembali disortir untuk diberikan kepada kurir berdasarkan rute pengiriman. Selanjutnya, kurir akan mengirimkan barang ke penerima sesuai alamat yang dicantumkan di paket.

Berapa Lama Paket Transit?

Lalu, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sebuah paket transit di gudang transit? Untuk proses pendataan dan penyortiran, dibutuhkan kurang lebih 1 hari kerja. Namun jika pihak ekspedisi mengalami overload, maka bisa jadi proses transit memerlukan waktu lebih lama dari 1 hari. Banyaknya karyawan yang melakukan proses sortir dan pendataan juga bisa mempengaruhi waktu yang diperlukan di proses transit.

Karena itu, pastikan kamu memilih jasa ekspedisi yang profesional, seperti Mooleh.com. Mooleh adalah penyedia jasa layanan ekspedisi luar negeri yang bisa kamu andalkan. Layanan ini hadir dalam bentuk aplikasi yang mudah dipakai sebagai one stop solution yang bisa membantumu dalam hal pengiriman barang.

Mooleh sudah bermitra dengan banyak ekspedisi terkemuka, seperti Garuda Indonesia, DHL, FedEx, Turkish Airlines, Singapore Airlines, Korean Air, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengunjungi website resmi mereka atau langsung download aplikasinya di App Store atau Play Store.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN