ADA BERITA APA HARI INI?

5 Tips Cara Packing Barang Yang Aman

TIPS
User

joshua

09 May 2023

Pengiriman merupakan salah satu hal terpenting dalam proses jual beli online. Kemasan juga dapat mempengaruhi kondisi barang saat sampai ke tangan konsumen. Ketika barang sampai dalam keadaan rusak dapat mempengaruhi kepuasan konsumen. Oleh karena itulah, tips cara packing dengan benar menjadi sangat penting. 

1. Memahami Jenis  Barang

Setiap barang tentu memiliki jenis tertentu dan karenanya tidak dapat diperlakukan dengan cara yang sama. Hal yang sama berlaku jika Anda ingin mengirim barang. Barang pecah belah seperti guci, keramik dan lain-lain juga harus diamankan. Anda bisa memberikan perlakuan yang sama pada barang mewah agar tidak mudah tergores selama proses pengiriman.

Contoh lainnya adalah tanaman yang seharusnya menggunakan kemasan kayu agar tidak mudah rusak, namun tetap memiliki ruang yang cukup. Barang dokumen menggunakan amplop sudah cukup. Namun, kalau mau lebih aman gunakan lagi dengan bubble wrap.

2. Menggunakan Pembungkus Yang Sesuai

Selain mengetahui jenis barang, Anda juga perlu menggunakan pembungkus yang tepat. Karena tidak semua jenis pembungkus cocok.

Saat pengiriman barang yang mengandung cairan seperti parfum, gunakan kardus dan wadah lain yang mengamankan isinya agar tidak mudah berpindah yang nantinya bisa menyebabkan pecah dan bocor. Sebaliknya, untuk produk biasa seperti  pakaian, penggunaan kemasan plastik sudah cukup. Anda juga bisa menggunakan kotak khusus untuk menampilkan merek Anda.

3. Menggunakan Pembungkus Ekstra

Beberapa barang yang tergolong mahal, mewah, elektronik atau mudah pecah belah membutuhkan perlindungan ekstra. Pihak ekspedisi biasanya menawarkan pembungkus kayu, plastik, atau bubble wrap. Namun, perawatan ini hanya berlaku untuk bagian luar casing.

Pembungkus barang tentu menjadi tanggung jawab pengirim. Oleh karena itu, saat pengiriman laptop, smartphone, atau barang mahal, gunakan bubble wrap di bagian dalam dan gunakan peti kayu di bagian luar untuk perlindungan ekstra.

4. Menempelkan Stiker Peringatan

Metode lain yang dapat Anda gunakan adalah dengan menggunakan label peringatan. Untuk barang dalam kemasan kardus, sebaiknya gunakan label ini agar petugas ekspres menangani barang dengan hati-hati. Karena barang tersebut sering terlempar atau terbentur saat proses pengiriman. 

Stiker ini biasanya tidak tersedia di semua jasa pengiriman, jadi Anda harus menempelkannya sendiri. Saat mengemas barang pecah belah, Anda harus menggunakan stiker peringatan. Pastikan menggunakan bubble wrap untuk packing agar meminimalisir kerusakan. 

5. Memilih Jasa  Pengiriman Terbaik

Hal terpenting saat packing barang untuk dikirim ialah memilih jasa pengiriman yang tepat.  Tentunya, setiap jasa pengiriman memiliki kualitas layanan, penawaran, dan harga yang berbeda. Maka dari itu, Anda harus selektif dalam menemukan jasa pengiriman, agar Anda mendapatkan manfaat dan sesuai yang diharapkan.

Salah satu opsi pengiriman terbaik adalah Mooleh.com dengan pengalaman, layanan, dan harga terbaik. Ada juga banyak jenis pengiriman yang dapat memudahkan, aman, dan nyaman untuk pengiriman barang Anda

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN