ADA BERITA APA HARI INI?

5 Tips Packing Makanan Frozen Agar Tetap Awet Di Ekspedisi

TIPS
User

joshua

23 January 2023

Cara packing makanan frozen yang benar menjadi hal penting untuk diketahui seiring dengan semakin berkembangnya bisnis frozen food. Makanan segar seperti ikan, daging, sayuran, dan produk-produk olahannya perlu dikemas dengan tepat agar sampai di tempat tujuan dalam kondisi yang masih bagus. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips packing frozen food yang benar agar makanan tersebut awet dan aman selama proses pengiriman.

Memastikan Makanan Dalam Kondisi Bersih

Pastikan makanan dalam kondisi bersih baik makanan mentah, setengah matang, maupun matang. Selanjutnya bungkus dengan kemasan yang bersih. Pastikan kemasan tersebut juga dalam keadaan steril yang bebas dari bakteri dan jamur. Kondisi makanan dan kemasan yang bersih akan membuat makanan frozen akan tetap terjaga kualitasnya selama proses pengiriman.

Menggunakan Kemasan Kedap Udara

Untuk pilihan kemasan yang paling aman, Anda dapat mengemasnya dengan kemasan kedap udara. Pengemasan dengan cara ini akan membuat makanan bebas dari jamur dan bakteri yang menyebabkan makanan cepat kadaluarsa. Contoh kemasan kedap udara yang dapat digunakan antara lain adalah plastic bahan PE (Poly Ethyl) dan HDPE (High Density Polyethylene). Kemasan ini tidak memberikan ruang untuk pertumbuhan jamur atau mikroorganisme lainnya.

Melapisi Kemasan Dengan Bubble Wrap

Packing makanan frozen sebenarnya tidak jauh berbeda dengan makanan lainnya. Anda bisa menggunakan plastik bubble atau kardus untuk melapisi bagian luar kemasan. Atau Anda juga bisa menggunakan keduanya untuk melapisi beberapa kemasan. Penggunaan bubble wrap akan membantu mencegah goncangan dan benturan selama proses pengiriman.

Menggunakan Cooling Gel

Untuk menjaga suhu makanan beku tetap stabil, Anda bisa menambahkan cooling gel. Cara ini akan sangat membantu, khususnya jika jasa pengiriman tidak menggunakan armada yang dilengkapi pendingin. Bekukan cooling gel terlebih dulu sebelum melakukan pengiriman. Selanjutnya cooling gel bisa dimasukkan ke wadah berisi makanan beku yang akan dikirim.

Menggunakan Cooler Box

Jika tidak ingin menggunakan cooling gel, Anda dapat menggunakan cooler box. Saat ini cooler box sudah tersedia dalam beberapa jenis bahan seperti kardus, plastic, dan styrofoam. Styrofoam merupakan pilihan yang paling populer karena harganya terjangkau dan mampu menjaga suhu tetap dingin serta menahan guncangan.

Memberi Stiker Label Khusus

Di bagian paling luar, Anda juga dapat menambahkan stiker pengiriman yang menandai bahwa makanan perlu disimpan di tempat dengan temperatur tertentu sehingga petugas ekspedisi maupun warehouse dapat memberikan perlakuan yang sesuai.

Demikian beberapa tips untuk packing makanan beku. Selain memperhatikan beberapa tips di atas, hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah memastikan Anda memilih jasa ekspedisi atau kurir terbaik. Untuk membantu Anda mendapatkan jasa ekspedisi terbaik, Anda dapat menggunakan aplikasi Mooleh atau melalui akses di mooleh.com.

Mooleh adalah aplikasi terbaik saat ini untuk membantu Anda memilih ekspedisi kurir internasional sesuai dengan kebutuhan. Jadi setelah memastikan packing makanan frozen sesuai, Anda dapat memilih jasa ekspedisi melalui Mooleh.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN