ADA BERITA APA HARI INI?

6 Cara Kirim Barang ke Luar Negeri Agar Paket Aman Dan Sampai Ke Tujuan

TIPS
User

joshua

26 September 2022

Apakah Anda perlu mengirim barang ke luar negeri? Kalau iya, Anda tak perlu khawatir soal prosesnya. Soalnya, cara kirim barang ke luar negeri saat ini sudah jadi semakin mudah, cepat, dan praktis. Soalnya, banyak perusahaan jasa ekspedisi nasional yang sudah bekerja sama dengan perusahaan ekspedisi internasional, atau bahkan mengembangkan usahanya ke berbagai negara di seluruh dunia.

Kalau begitu, bagaimana ya caranya kirim paket ke luar negeri? Bagi Anda yang baru akan pertama kali kirim barang ke negara lain, Anda bisa simak 6 cara kirim barang ke luar negeri berikut ini terlebih dahulu, lho! Apa saja ya langkah-langkahnya?

1. Persiapkan Dulu Barang Yang Akan Anda Kirim

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum mengirim barang ke luar negeri adalah menyiapkan barang yang akan dikirim. Kemudian, kemas barang dengan rapi sebagaimana Anda mengemas paket seperti biasanya.

Lebih direkomendasikan jika Anda mencari informasi terlebih dahulu soal ketentuan pengiriman dan pengemasan barang ke luar negeri. Misalnya ketentuan dari jasa pengiriman hingga negara yang Anda tuju. Dengan begitu, risiko Anda menghadapi kendala di tengah jalan bisa diminimalisir sejak awal.

2. Cermat Pilih Jasa Pengiriman

Lakukan riset kecil-kecilan untuk membantu Anda menemukan jasa pengiriman yang tepat. Misalnya, pastikan dulu bahwa negara tujuan Anda ada dalam jangkauan layanan jasa pengiriman tersebut. Di samping itu, pilih juga yang sudah berpengalaman melayani pengiriman ke luar negeri.

3. Serahkan Paket Ke Jasa Pengiriman

Jika Anda sudah memutuskan mana jasa pengiriman yang Anda pilih, cara kirim barang ke luar negeri berikutnya adalah membawa paket yang sudah Anda kemas tadi ke kantor atau agen jasa pengiriman pilihan yang lokasinya paling dekat dengan lokasi Anda. Atau Anda bisa pilih jasa ekspedisi yang melayani jemput paket, untuk menghemat waktu dan tenaga Anda, apalagi jika layanan jemput paketnya tersedia secara gratis.

4. Isi Formulir Pengiriman Paket

Lain halnya dengan pengiriman dalam negeri yang hanya butuh nama, alamat, dan nomor pengirim serta penerima, ada satu hal penting yang perlu diperhatikan. Yaitu kelengkapan formulir dan dokumen penting sebagai bagian dari proses administrasi.

Pastikan bahwa Anda mengisi semua formulir atau dokumennya dengan jujur dan lengkap. Kalau tidak, paket Anda bisa jadi tertahan di bea cukai negara tujuan sehingga butuh waktu lebih lama sampai akhirnya bisa dikirim ke alamat tujuan. Belum lagi waktu dan tenaga Anda jadi tersita karena harus mengurus perkara administrasi tersebut.

5. Bayar Biaya Pengirimannya

Setelah paket diserahkan dan seluruh dokumen terisi lengkap, Anda bisa lakukan pembayaran biaya pengiriman paket. Agar Anda tidak kaget saat mengirimkan paket, ada baiknya jika anda mengecek terlebih dahulu biaya pengiriman lebih dahulu. Apalagi, info tersebut sekarang sudah bisa Anda akses sendiri dari internet.

6. Pastikan Nomor Resi Anda Terima

Apabila pembayaran sudah Anda lakukan, pastikan bahwa Anda juga menerima tanda bukti pembayaran beserta nomor resi. Seperti yang sudah Anda ketahui, nomor resi penting untuk Anda ketahui karena nomor tersebut digunakan untuk mengecek posisi paket selama proses pengiriman. Dan Anda juga bisa membagikan nomor resi tersebut kepada penerima, terutama jika Anda menjalankan usaha toko online yang melayani pengiriman ke luar negeri.

Itu tadi 6 cara kirim barang ke luar negeri agar paket Anda bisa sampai dengan selamat di tujuan. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN