ADA BERITA APA HARI INI?

8 Rahasia Kirim Paket Murah Untuk Bisnis Toko Online

TIPS
User

joshua

26 September 2022

Bagi para pelaku bisnis online, mencari jasa kirim paket murah menjadi salah satu cara untuk menghemat beban biaya. Tidak dipungkiri bahwa toko online saat ini semakin menjamur. Permintaan yang tinggi, waktu fleksibel, dan keuntungan yang besar menjadi alasan maraknya bisnis online. Dengan hadirnya marketplace online di Indonesia dan fitur-fitur di media sosial, proses jual beli online kini menjadi lebih mudah.

Ketika pebisnis online mendapat banyak order, Anda tentu akan mencari cara untuk menghemat ongkos pengiriman. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk kirim paket murah.

Mengetahui Batas Pengiriman Barang Dari Jasa Ekspedisi

Toko online memang dapat diakses kapan saja selama 24 jam. Anda perlu menentukan jam operasional toko untuk memanajemen toko agar lebih efisien. Tuliskan jam operasional di deskripsi agar konsumen mengetahuinya. Tentukan batas waktu order setiap harinya sehingga konsumen yang ingin pesanannya segera dikirim, mereka dapat memastikan estimasi waktu pengirimannya.

Mengalokasikan Waktu Khusus Untuk Pengemasan

Dengan meluangkan waktu secara khusus untuk mengemas barang, Anda dapat menggunakan waktu yang ada untuk merespon chat konsumen dan mengunggah katalog produk baru di marketplace atau toko online. Waktu terbaik untuk mengemas barang adalah setelah batas waktu order di hari itu atau menjelang batas waktu pengiriman dari jasa ekspedisi yang Anda gunakan.

Mengemas Produk Dengan Ringkas dan Rapi

Packing atau pengemasan menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Selain untuk memastikan barang sampai ke tangan pembeli dengan aman, pengemasan yang ringkas juga dapat menghemat biaya pengiriman. Pilihlah kemasan yang sesuai atau proporsional dengan ukuran barang yang akan dikirim.

Menghitung Berat Produk Secara Akurat

Cara selanjutnya untuk menghemat biaya pengiriman adalah menghitung berat produk secara akurat. Untuk melakukannya, gunakan timbangan dengan akurasi tinggi misalnya timbangan digital. Dengan menimbang secara akurat, Anda dapat menghemat ongkos pengiriman berdasarkan selisih berat produk daripada sekedar perkiraan produk jualan Anda.

Mengelompokkan Barang Berdasarkan Tujuan Pengiriman

Setelah proses pengemasan selesai, kelompokkan barang berdasarkan kota tujuan pengiriman. Hal ini bertujuan agar proses pengiriman lebih mudah saat paket-paket tersebut diserahkan kepada kurir.

Memilih Jasa Ekspedisi Terpercaya

Pastikan Anda bekerja sama dengan jasa ekspedisi yang terpercaya. Ciri utama jasa terpercaya adalah cepat dan profesional sehingga produk yang dikirimkan dapat segera sampai di tangan konsumen. 

Jika Anda menjalin kerja sama dengan ekspedisi tertentu, biasanya Anda akan mendapatkan harga khusus dibandingkan pelanggan lain karena menggunakan layanan tersebut hampir setiap hari. Bila perlu, Anda dapat membuat surat kontrak kerja sama dengan ekspedisi tersebut.

Memanfaatkan Promo Yang Disediakan Oleh Jasa Ekspedisi

Selain menjalin kerja sama dengan jasa ekspedisi, alternatif lainnya untuk mendapatkan tarif pengiriman yang lebih murah adalah memanfaatkan harga promo atau diskon yang tersedia. Jasa ekspedisi biasanya memberikan penawaran harga khusus di momen-momen tertentu. Dengan harga promo, Anda tentunya dapat menghemat biaya pengiriman.

Paket Dengan Sistem Bundling Produk

Untuk mendapatkan tarif yang lebih hemat pada pengiriman paket, Anda juga dapat menginformasikan.ke pelanggan mengenai kapasitas untuk setiap kilogram. Misalnya jika produk yang dijual berukuran kecil Anda dapat menginformasikan 1 kilogram muat 3 pcs produk. Jadi konsumen dapat membeli beberapa produk sekaligus.

Demikian beberapa tips mengirim paket murah dengan jasa ekspedisi untuk para pebisnis online. Bagaimana, apakah Anda punya tips lain untuk biaya kirim paket murah

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN