ADA BERITA APA HARI INI?

Estimasi Pengiriman Adalah Dan Faktor Yang Memengaruhi Kecepatan Kirim Paket

UMUM
User

joshua

26 September 2022

Saat Anda berbelanja di marketplace, Anda biasanya akan menemukan sebuah detail informasi yang disebut sebagai estimasi pengiriman. Nah, apakah estimasi pengiriman adalah hal yang sama dengan lama pengiriman yang pasti?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda bisa simak penjelasan berikut ini yang membahas apa itu estimasi pengiriman beserta faktor-faktor yang memengaruhinya. Selamat membaca, ya!

Apa Itu Estimasi Pengiriman? 

Secara garis besar, estimasi pengiriman merupakan perkiraan berapa lama atau berapa hari proses pengiriman akan berlangsung. Dengan kata lain, estimasi pengiriman adalah informasi perkiraan berapa lama barang akan sampai di alamat penerima dari sejak barang mulai diproses.

Nah, untuk marketplace sendiri, perhitungan estimasi pengiriman dilakukan mulai dari sejak barang pesanan Anda telah dikonfirmasi oleh penjual, di mana penjual sudah mendapatkan nomor resi dan bisa mengantar paket ke agen jasa pengiriman terdekat atau bisa meminta kurir untuk menjemput paket di alamatnya.

Begitu paket sudah ada di tangan kurir dan di-handle oleh pihak jasa pengiriman, angka pada estimasi pengiriman juga akan mengalami perubahan.

Apa Saja Yang Memengaruhi Estimasi Pengiriman?

Kalau Anda rajin berbelanja secara online lewat marketplace ataupun website e-commerce, Anda barangkali menyadari kalau berapa lama estimasi bisa bervariasi atau berbeda-beda. Soalnya, memang ada beberapa faktor yang menentukan estimasi pengiriman sesuai yang telah diatur oleh sistem dari marketplace/website tersebut serta sistem dari jasa pengirimannya.

Lantas, apa saja ya faktor-faktor yang menentukan berapa lama estimasi pengiriman yang muncul di halaman pemesanan Anda? Secara garis besar, ada dua faktor yaitu jenis layanan yang Anda pilih serta lokasi tujuan atau penerima. Dan berikut ini penjelasannya.

1. Jenis Layanan Pengiriman Yang Digunakan.

Seperti yang telah Anda ketahui, masing-masing jasa pengiriman menawarkan beragam pilihan jenis layanan. Seperti layanan pengiriman ekonomis, reguler, same day, dan next day. Dari namanya sendiri, sebenarnya bisa terlihat estimasi berapa lama pengiriman berlangsung. Untuk next day, paket diestmasikan sampai keesokan harinya. Sedangkan untuk same day, paket diestimasikan bisa sampai di alamat tujuan pada hari yang sama.

Sementara itu, untuk layanan pengiriman reguler, durasi pengiriman yang biasa diestimasikan oleh pihak jasa kirim adalah 2 sampai 3 hari. Dan untuk layanan ekonomis, estimasi pengirimannya basanya paling lama — kira-kira hingga 5 hari — karena ongkos kirimnya yang juga paling irit.

2. Lokasi Pengiriman.

Faktor lain yang juga memengaruhi estimasi pengiriman adalah lokasi pengiriman. Apabila Anda berada di kota besar dan juga akan mengirim ke kota besar lainnya, estimasi pengirimannya cenderung lebih cepat dibandingkan jika Anda mengirim dari dan/atau ke kota kecil, atau bahkan daerah yang lebih pelosok atau bahkan terpencil. 

Mengapa? Salah satu alasan utamanya adalah karena gudang utama pengiriman biasanya berlokasi di area yang dekat dengan bandara. Apabila lokasi pengirimannya sendiri memang jauh dari gudang utama jasa ekspedisi di masing-masing wilayah, tentu durasi pengirimannya diestimasikan lebih lama — bahkan untuk layanan reguler pun biasa diestimasikan makan waktu hingga 7 hari.

Itu dia rangkuman penjelasan mengenai estimasi pengiriman adalah apa beserta dua faktor utama yang memengaruhi berapa lama estimasi pengiriman. Kalau Anda sering belanja online di marketplace dan rajin komplain soal pengiriman yang terasa lama, Anda bisa cek kembali berapa estimasi pengirimannya agar Anda tak lagi ngomel-ngomel saat me-review pesanan, ya!

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN