ADA BERITA APA HARI INI?

Apa Yang Dimaksud Dengan Ekspor Dan Impor? Ini Dia Perbedaannya Yang Perlu Kamu Ketahui!

TIPS
User

joshua

04 November 2022

Dalam istilah perdagangan internasional, mungkin kamu sudah pernah mendengar istilah ekspor dan impor. Ya, keduanya memiliki peran yang sangat penting terutama dalam kegiatan ekonomi. Hal ini juga sangat membantu agar arus perdagangan internasional bisa meningkat cepat. 

Tapi perlu Anda ketahui bahwa ekspor dan impor memiliki perbedaan dalam kegiatannya. Lantas apa yang dimaksud dengan ekspor dan impor? Berikut penjelasan selengkapnya tentang ekspor dan impor yang wajib kamu ketahui.

Apa Itu Ekspor Dan Impor?

Berbicara tentang apa yang dimaksud dengan ekspor dan impor, keduanya merupakan suatu pekerjaan dalam pengiriman barang antar negeri. Ekspor adalah kegiatan perdagangan dengan menjual produk, barang, atau jasa ke luar negeri. Sedang impor adalah kegiatan perdagangan dengan menjual produk, barang, atau jasa dari luar negeri.

Perbedaan Ekspor Dan Impor

Perbedaan dari kegiatan ekspor dan impor sebenarnya bisa dilihat dari beberapa aspek, diantaranya adalah:

1. Tujuan

Dari segi tujuannya, ekspor dilakukan untuk meningkatkan devisa negara agar turut bersaing dalam perdagangan internasional sehingga bisa meningkatkan lapangan kerja serta menjalin hubungan dengan negara lain. Sementara impor dilakukan untuk meningkatkan harga dan keuntungan penjualan dengan memperluas jangkauan pembeli hingga seluruh dunia.

2. Pelaku

Pelaku bisnis pada ekspor impor pun berbeda. Hal ini dapat dilihat dimana para pelaku ekspor merupakan pengusaha lokal, UKM, atau perusahaan besar yang melakukan pengiriman untuk menjual produk ke luar negeri. Sedangkan pelaku impor adalah individu, distributor, produsen, perusahaan, atau negara yang menjual produknya ke dalam negeri.

3. Syarat Dokumen

Pada proses mengurus dokumen, syarat untuk kegiatan ekspor impor pun harus dilengkapi sesuai ketentuan yang berlaku. Dalam hal ini dokumen yang perlu dipersiapkan oleh importir adalah invoice, asuransi, letter of credit, dokumen kepabeanan dan lainnya. Sedangkan untuk dokumen eksportir perlu menyiapkan delivery order, air waybill, dan lain-lain.

4. Pemeriksaan Barang

Proses pemeriksaan barang pada kegiatan ekspor dan impor pun sangat berbeda. Pada barang ekspor, proses pemeriksaan barang harus melewati melewati pemeriksaan fisik dan dokumen yang nantinya akan dikelompokkan. Sementara pada proses barang impor harus melewati pemeriksaan dokumen dan fisik sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Jasa Ekspor Dan Impor Terbaik

Setelah mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan ekspor dan impor, tentu hal ini bisa membantu kamu lebih memahami apa saja perbedaan dari keduanya dalam aktivitas perdagangan internasional. Kegiatan ekspor impor ini sangat berperan penting untuk memajukan perekonomian negara secara signifikan.

Mungkin kamu masih bertanya apa saja jasa yang menyediakan layanan ekspor dan impor dengan mudah dan aman. Kamu bisa mengunjungi situs mooleh.com untuk mengetahui lebih lanjut tentang layanan ekspor dan impor yang mudah. Semoga membantu

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN