ADA BERITA APA HARI INI?

Arti Kata Kurir Adalah? Yuk Cari Jawabannya!

UMUM
User

joshua

26 September 2022

Kurir adalah seorang yang bertugas mengirimkan barang secara langsung. Berbicara mengenai kurir memang sudah ada sejak dulu, dimana ada orang yang bertugas mengirim atau menyampaikan pesan atau barang untuk penerimanya. Lebih jelasnya mengenai kurir, mari simak ulasan berikut!

Mengenal Apa Itu Kurir?

Bagi masyarakat Indonesia kurir merupakan sebuah pekerjaan mengantar barang yang dilakukan dengan sepeda, motor atau bahkan mobil secara langsung. Pekerjaan kurir saat ini memiliki banyak sekali keuntungan, salah satunya Anda bisa bekerja lebih fleksibel. Untuk itu, jangan heran jika kini kurir menjadi salah satu pekerjaan yang cukup diminati. Terlebih kini kebiasaan belanja online kian meningkat, sehingga keuntungan menjadi kurir menjadi lebih besar. 

Selain itu, hasil yang didapatkan juga sesuai dengan kerja keras dan tanggung jawabnya. Jika kurir bekerja lebih keras maka hasil yang diperoleh tentu tidak akan mengecewakan. Meski begitu, patut diketahui tanggung jawab dan tugas seorang kurir juga harus dilakukan dengan baik agar barang pesanan pelanggan tetap aman.

Tugas Seorang Kurir

Tahukah Anda apa saja tugas kurir?  Setidaknya ada beberapa tugas dan tanggung jawab kurir yang mungkin masih asing bagi sebagian orang. Berikut beberapa tugas dan tanggung jawab kurir yang patut Anda ketahui, yaitu:

  1. Menyortir Dan Menentukan Rute 

Seorang kurir umumnya akan menyortir paket untuk menentukan beberapa hal seperti paket yang dikirim apakah memerlukan perlakuan khusus atau tidak, menyesuaikan ukuran paket dengan transportasi yang akan digunakan serta memilah paket sesuai penerima atau alamat yang sama. Apabila proses menyortir barang sudah selesai kurir akan langsung menentukan rute yang sesuai dengan alamat penerima. Hal ini penting dilakukan agar kurir bisa memastikan keefisienan waktu, tenaga serta hemat biaya bahan bakar saat pengiriman. 

  1. Mengirim Dan Pendataan Status barang

Jika barang sudah disortir dan ditentukan rute pengiriman, maka kurir akan langsung mengirimkan barang tersebut ke alamat penerima. Setelahnya kurir juga akan mendata status pengiriman barang, mulai dari pengiriman barang, perjalanan barang hingga mendata apakah pengiriman barang mengalami masalah atau tidak. Mengenai pendataan status barang sangat penting dilakukan, sebab tugas kurir adalah memastikan barang sampai ke penerima dengan aman dan tidak rusak.

  1. Mematuhi SOP Perusahaan

Perlu diketahui, peraturan atau SOP yang ditentukan perusahaan pengiriman wajib dipatuhi oleh seorang kurir. Beberapa contoh SOP perusahaan pengiriman yaitu melakukan pengiriman tepat waktu, mengirim paket dengan berkendara yang baik, memperoleh tanda tangan dari penerima paket serta masih banyak peraturan lainnya yang wajib dipatuhi kurir.

  1. Menjaga Data Pengirim Dan Penerima

Tanggung jawab kurir selanjutnya ialah kurir tidak berhak memberikan identitas pengirim dan penerima barang secara sembarangan. Bahkan seorang kurir juga harus memastikan jika data penerima tetap menempel dengan baik pada kemasan agar pengiriman paket bisa diatar ke lokasi tujuan yang tepat.

  1. Menyetorkan Data Pengiriman

Terakhir kurir akan langsung menyetor data atau hasil pengiriman yang sudah selesai dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Nah, data ini akan sangat berguna untuk menentukan gaji seorang kurir. Oleh sebab itu, pastikan Anda menyetorkan data pengiriman yang tepat agar bisa memperoleh gaji sesuai hasil kerja keras yang telah dikerjakan.

Dari ulasan diatas, tentu Anda sudah mengetahui jika kurir adalah orang yang mengirim barang secara langsung ke penerima. Demikianlah, semoga ulasan di atas dapat berguna bagi Anda yang sedang mencari informasi mengenai kurir pengiriman barang

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN