ADA BERITA APA HARI INI?

Cara Melacak Pengiriman Paket Dengan Resi Pengiriman

TIPS
User

joshua

03 November 2022

Dari kalian pasti sudah pernah mendengar ataupun tahu tentang apa itu resi. Yups resi adalah sebuah nomor kode yang digunakan untuk melacak keberadaan paket kamu berada, lalu bagaimana cara mengecek paket kamu dengan menggunakan nomor resi ? simak penjelasannya sebagai berikut 

Apa Itu Resi ?

Nomor resi adalah sebuah nomor yang diberikan oleh jasa ekspedisi atas paket yang dikirimkan. Nomor resi ini memiliki fungsi sebagai sebuah nama atau identitas dari paket yang akan dikirim tersebut, dengan adanya nomor resi ini dapat membuktikan bahwa paket yang kamu kirimkan sedang dalam proses pengiriman.

Dan juga nomor resi adalah sebuah nomor yang diberikan untuk melacak posisi paket atau pesanan yang kamu beli. Jadi begitu paket dikirimkan, maka kamu akan dapat melihat paket yang kamu pesan sudah sampai mana.

Oleh karena itu keberadaan nomor resi adalah sebuah hal yang penting, karena keberadaannya dapat membantu kamu dalam memantau keberadaan paket atau barang yang kamu pesan secara online.

Fungsi Dari Nomor Resi

Setelah mengetahui apa itu nomor resi, sekarang kita akan membahas mengenai fungsi dari nomor resi tersebut yaitu sebagai berikut :

1. Tanda Paket Telah Dikirim

Nomor resi ini akan diberikan pengirim secara langsung saat barang atau paket telah diterima dan diproses oleh jasa ekspedisi. Nah, nomor inilah yang akan dijadikan sebagai pegangan bagi pengirim atau penjual barang bahwa barang tersebut sudah dikirim.

2. Melacak Paket

Nomor resi berfungsi untuk mempermudah kita dalam melacak posisi barang terkini, dan juga nomor resi akan memberikan estimasi waktu barang tersebut akan sampai pada tujuan pengiriman. 

3. Mengambil Barang Ke Kantor Ekspedisi

Pada kondisi tertentu, ketika terjadi permasalahan seperti alamat penerima tidak dapat ditemukan atau tidak ada yang menerima paket ditempat tujuan. Maka biasanya dari pihak jasa kirim akan menyimpan paket tersebut di kantor agen terdekat dari alamat. Nah, untuk mengambil paket tersebut kamu memerlukan resi sebagai syarat pengambilan.

 Cara Mengecek Barang Menggunakan Nomor Resi 

1. Menyalin Nomor Resi

Setelah kamu mendapatkan nomor resi dari pihak jasa pengiriman, maka kamu perlu mencatat nomor tersebut dan simpan baik – baik.

2. Buka Situs Jasa Ekspedisi

Kemudian langkah berikutnya adalah kamu perlu membuka situs ekspedisi tempat nomor resi tersebut diterbitkan. Cari dan pilih untuk melacak paket atau cek resi pengiriman, namun selain dari situs resmi kamu juga dapat menggunakan situs – situs pihak ketiga lainnya seperti  Mooleh.com untuk mengecek resi.

3. Salin Nomor Resi

Setelah menemukan pilihan web untuk melacak paket atau cek resi pengiriman, salinlah nomor resi yang telah kamu simpan pada kolom khusus nomor resi yang kamu cek. Dan kemudian beberapa saat informasi terkait paket yang kamu cari akan muncul.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN