ADA BERITA APA HARI INI?

Ekspor Dan Impor Adalah, Simak Penjelasannya

TIPS
User

joshua

08 May 2023

Kegiatan perdagangan antar negara sangat menguntungkan. Istilahnya adalah kegiatan ekspor dan impor. Berikut ini pembahasannya lebih lanjut.

Apa itu Ekspor Dan Impor

Ekspor dan impor adalah suatu kegiatan perdagangan lintas negara. Secara sederhana, definisi ekspor ialah aktivitas menjual produk, bisa berupa barang atau jasa bentuknya, ke luar negeri. Nah kalau impor ialah aktivitas membeli produk,  dari luar negeri dibawa masuk ke dalam negeri. Ekspor akan mengeluarkan mendatangkan keuntungan devisa bagi negara. Sedangkan impor akan mengurangi devisa negara. 

Penunjang Kelancaran Proses Ekspor Dan Impor

Kurir pengiriman barang dan jasa untuk keperluan ekspor dan impor bisa sangat menentukan kesuksesannya. Guna menunjang kelancaran proses impor dan ekspor maka sangat penting memilih kurir ekspedisi yang tepat.

Keperluan Ekspor Dan Impor

Impor biasanya terjadi jika produk di dalam negeri kurang ataupun langka. Sehingga guna memenuhi celah permintaan pasar maka lalu dilakukanlah proses impor tersebut. Secara teknis maka impor adalah proses memasukkan suatu produk dari luar negeri ke wilayah kepabeanan Indonesia, yakni meliputi wilayah air, dan laut serta udara yang meliputi kawasan ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif). Sedangkan proses ekspor adalah sebaliknya, yakni proses pengiriman produk ke luar negeri. Biasanya produk yang dikirim adalah produk yang relatif murah harganya jika dijual di dalam negeri dan akan memiliki nilai jual barang yang lebih tinggi, akibat langkanya produk tersebut di luar negeri atau bisa juga akibat melimpahnya suatu produk di dalam negeri sehingga guna meningkatkan harganya maka produk tersebut pun dijual ke pasar luar negeri. Guna proses ekspor dan impor tersebut maka diperlukan adanya ijin dari bea dan cukai di tiap negara asal pengiriman barang maupun negara tujuan pengiriman barang.

Moda Transportasi Impor Dan Ekspor

Proses impor dan ekspor bisa dilakukan lewat jalur darat dengan kereta atau kendaraan roda empat seperti mobil pickup ataupun truk bagi antar negara yang berbatasan darat. Lalu bisa juga menggunakan jalur laut dengan menggunakan kapal di masing-masing pelabuhan tiap negara asal dan negara tujuan. Kemudian juga bisa dilakukan lewat jalur udara dengan menggunakan pesawat terbang di tiap bandara di negara asal maupun negara tujuan. Pengiriman tercepat biasanya lewat jalur udara dengan pesawat terbang meski biayanya adalah yang paling mahal. Sedangkan jika ingin lebih hemat secara ekonomis maka bisa memilih pengiriman lewat jalur laut dengan kapal. Produk yang akan dikirim biasanya akan ditempatkan pada suatu kargo. Adapun sistem pengirimannya bisa secara D to D atau door to door, yakni produk akan dijemput dari alamat asal pengiriman hingga diantarkan sampai ke alamat tujuan. Lalu ada yang lebih murah yakni secara P to P, atau Port to Port, yakni produk kiriman akan diantarkan ke port atau poll kantor cabang ekspedisi lalu jika sudah sampai produk bisa diambil di port atau di kantor cabang ekspedisi. Ada pula kombinasinya, yakni secara D to P ataupun sebaliknya secara P to D.

Apapun negara tujuan untuk impor dan ekspor maka pastikan pergunakan mooleh.com sebagai kurirnya. Tanpa biaya minimum dan paling irit biayanya. Segera saja hubungi kontaknya untuk informasi lebih lanjut. Pengiriman dibagi menjadi jenis dokumen atau parcel. Semakin bertambah beratnya maka akan semakin murah biaya kirimnya

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN