ADA BERITA APA HARI INI?

Ekspor Impor Adalah Istilah Dalam Perdagangan Internasional, Berikut Penjelasannya

TIPS
User

joshua

23 January 2023

Masyarakat dalam negeri maupun luar negeri pastinya sudah tak asing lagi mendengar sebutan ekspor dan impor. Mengenai hal ini, ekspor impor adalah suatu kegiatan yang memiliki peran penting dan berkaitan erat dengan kegiatan perekonomian.

Dalam ekspor dan juga impor, terdapat tujuan penting yang harus anda tahu. Untuk itu, akan dibahas seputar pengertian dari ekspor impor, dan juga mengenai apa tujuan utama atau tujuan penting dalam kegiatan ekspor impor ini. Mari simak bersama-sama.

Pengertian Ekspor dan Impor

Pada dasarnya, ekspor impor atau kegiatan ekspor impor adalah suatu kegiatan perdagangan antar negara (internasional). Adapun pengertian ekspor adalah kegiatan penjualan barang atau jasa dari dalam menuju ke luar negeri. Sementara itu pengertian impor adalah kegiatan pembelian produk atau suatu barang dari luar negeri ke dalam negeri.

Sebutan untuk lembaga atau seseorang yang melakukan kegiatan ekspor yaitu eksportir. Sedangkan lembaga atau perorangan yang mendatangkan barang atau produk impor itu disebut dengan importir. 

Adapun sejumlah faktor yang berpengaruh pada kegiatan ekspor adalah keadaan pasar luar negeri, ketentuan perjanjian antar negara, dan lain sebagainya. Ekspor impor adalah sebuah bentuk perdagangan yang lumrah dijalankan oleh tiap negara.

Tujuan Ekspor 

Salah satu tujuan utama kegiatan ekspor impor adalah mengendalikan harga produk yang ada di dalam negeri. Selain itu, untuk ekspor sendiri ini bertujuan juga untuk menambah devisa negara, dan juga memperbanyak lapangan pekerjaan. Pertumbuhan ekspor di sebuah negara akan dapat menghadirkan lapangan kerja yang luas, sehingga menyebabkan angka angka kemiskinan semakin menurun. 

Tujuan Impor

Lalu pada tujuan impor yang utama yaitu tentunya untuk dapat memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Kemudian tujuannya juga untuk memperkuat posisi neraca pembayaran, serta untuk mengurangi pengeluaran devisa ke luar Indonesia. 

Kegiatan impor juga menjadi bentuk komunikasi atau bisa disebut dengan kerjasama antar negara. Impor secara tak langsung mendukung stabilitas pada suatu negara karena memiliki manfaat untuk dapat memperoleh bahan baku dan juga teknologi yang modern. 

Dalam kegiatan ekspor impor, kini masyarakat sudah tak perlu khawatir dan kesulitan dalam pengirimannya lagi. Karena sudah ada Mooleh yang merupakan sebuah aplikasi praktis untuk kirim barang antar negara tanpa ada minimum dengan harga yang minim. Anda bisa juga kirim cargo lewat jalur laut ataupun udara, mudah untuk cek resi, booking pengiriman sampai pembayaran hanya di satu aplikasi. Yuk, pakai Mooleh sekarang juga!

Nah, sekarang anda sudah menyimak dan tahu, kan, bahwa ekspor impor adalah suatu aktivitas perdagangan antar negara yang memiliki peranan penting untuk negara. Mengenai ekspor dan impor, keduanya memiliki prosedur atau ketentuan tersendiri yang berlaku di dalamnya. Jadi, tak bisa dilakukan sembarangan begitu saja. Menurut anda bagaimana perkembangan kegiatan ekspor impor di Indonesia saat ini? 

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN