ADA BERITA APA HARI INI?

Kenali 5 Istilah Dalam Dunia Sortir Dan Manfaat Menyortir!

UMUM
User

joshua

06 May 2023

Apa itu sortir? Istilah ini mungkin cukup familiar bagi anda yang gemar berbelanja online, bukan? Aktivitas ini berupa pengelompokkan barang sesuai alamat tujuan yang berlangsung di sebuah gudang penyortiran.

Ada beberapa istilah penting lain berkaitan dengan penyortiran yang perlu anda ketahui juga. Mari pahami penjelasannya di sini!

Istilah-istilah Dalam Penyortiran

1. Loading

Dikenal juga sebagai proses muat, yakni seluruh kendaraan berisikan barang akan mengantarkan muatannya di gudang, maupun dermaga. 

Selanjutnya barang akan dipindahkan ke armada lain sesuai jenisnya, misalnya peti kemas ke dalam cargo, dan lainnya.

2. Unloading

Kebalikan dari proses loading, kegiatan ini disebut proses bongkar barang. Semua barang-barang akan dipindahkan ke dalam truk kontainer untuk segera diproses ke bagian gudang sortir.

3. Three Code Letter

Three code letter juga istilah penting lain yang kerap dijumpai dalam urusan penyortiran barang. Bermakna kode tiga huruf, kode ini adalah penanda untuk alamat tujuan barang.

Biasanya setelah barang dikelompokkan menyesuaikan tujuannya, pihak ekspedisi akan menempelkan resi dengan kode sesuai kota yang dituju.

4. Dispatching

Dispatching juga istilah keempat yang mengusung makna pengeluaran barang yang akan segera dikirim kepada konsumen. Proses satu ini akan memudahkan petugas ketika mencari barang yang mau dikeluarkan. Dalam kegiatannya pun dibarengi pendataan.

5. Returns

Yaitu pengembalian barang ke gudang apabila terjadi kesalahan alamat tujuan. Jika barang dikembalikan akan memakan waktu lebih lama untuk mengulang proses dari awal.

Manfaat Penyortiran

Apa itu sortir adalah aktivitas yang memberikan banyak manfaat untuk perusahaan jasa ekspedisi. Berikut sederet manfaat yang perusahaan bisa peroleh :

  • Terhindar Dari Kesalahan Pengiriman

Kesalahan pengiriman memang bisa saja terjadi dan dapat merugikan pihak perusahaan, maupun konsumen. Menyortir sendiri merupakan cara paling efektif untuk mencegah kesalahan ini terjadi.

  • Klasifikasi Sesuai Jenis Barang

Lokasi penyortiran setiap harinya bisa saja menerima jenis barang yang mudah pecah, rusak, bahkan terbakar yang mana harus diperlakukan secara khusus. Penyortiran juga menjadi momen di mana petugas akan mengklasifikasikan barang berdasarkan jenisnya agar terhindar dari kerusakan.

  • Efisiensi Waktu

Perusahaan sangatlah terbantu dengan proses menyortir ini, terutama mengumpulkan pendataan (manifest) barang yang diterima oleh mereka.

  • Kelancaran Proses Pengecekan

Walau sekarang dibantu dengan teknologi, akan tetapi proses ini juga tak lepas dari tenaga manusia.

  • Peningkatan Layanan

Tingkat kecepatan dan efisiensi waktu kerja kurir dan perusahaan bakal semakin meningkat seiring lancarnya proses penyortiran.

Tips Pilih Gudang Sortir

Berencana menyewa gudang sortir? Ini tips singkat untuk anda!

  1. Sesuaikan kapasitas yang diperlukan
  2. Pilih lokasi sortir yang strategis
  3. Riset dan baca portfolio jasa penyewaan gudang

Itu dia beberapa istilah berkaitan dengan proses apa itu sortir. Untuk sewa gudang sortir terbaik, pilih Mooleh.com

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN