ADA BERITA APA HARI INI?

Penting Bagi Jasa Ekspedisi, Yuk Mengenal Apa Itu Gudang Sortir!

UMUM
User

joshua

06 May 2023

Penyortiran merupakan aktivitas memilah dan mengklasifikasikan suatu benda ke dalam kelompoknya dalam waktu bersamaan. Aktivitas satu ini lekat dengan dunia ekspedisi yang mana dilakukan di gudang sortir.

Apa sajakah fungsi, fiturnya, serta aktivitas yang ada di dalamnya? Mari simak informasi selengkapnya berikut!

Mengenal Gudang Sortir Dan Fungsinya

Secara umum, gudang sortir barang merupakan fasilitas penting dalam urusan ekspedisi sampai pengelolaan rantai pasokan. Lokasi ini adalah tempat di mana pengelolaan dan pengaturan keluar-masuknya barang secara terorganisir.

Fasilitas ini akan selalu memastikan setiap itemnya ditempatkan di tempat yang sesuai, dan mudah diakses ketika dibutuhkan.

Fitur Gudang Sortir

Berikut beberapa fitur yang dimiliki oleh sebuah gudang sortir, antara lain :

1. Luas

Fitur utama dari gudang ini adalah luas, mampu menampung kapasitas besar yang dibutuhkan oleh perusahaan, termasuk mobilitas kendaraan pengangkut barang di dalamnya.

2. Pencatatan 

Karena jumlah barang yang sangatlah banyak, maka sebuah gudang akan memiliki sistem pencatatan stok dan pencarian yang efektif. Sistem tersebut membantu penempatan produk mudah dicari dan efisien.

Sistem Kerja Gudang Sortir

Gudang sortir merupakan lokasi di mana pihak ekspedisi akan melakukan penyortiran barang secara menyeluruh sebelum dikirimkan kepada konsumen. Bagaimanakan cara kerjanya?

1. Pengelompokan Sesuai Tujuan

Langkah pertama adalah proses pengelompokan barang berdasarkan tujuan. Aktivitas ini merupakan upaya meminimalisir kesalahan ketika pengiriman.

2. Memberi Kode

Setelah dipilah dan dikelompokkan sesuai tujuannya, berikutnya adalah memberikan kode dari kota tujuan. Kode tersebut terdiri dari tiga huruf singkatan kota.

Tujuan pemberian kode adalah demi memudahkan pihak ekspedisi ketika proses loading dan unloading.

Beberapa contoh kode di Indonesia, misalnya BDO untuk Bandung, JKT yaitu Jakarta, dan Denpasar (DPS).

3. Menyiapkan Pengiriman

Tahap ketiga yakni persiapan pengiriman barang. Di sini pihak ekspedisi akan mengecek ulang dokumen pada barang seperti resi. Kemudian pengemasan dan perlindungan barang bila diperlukan seperti bubble wrap, kardus, hingga kayu.

4. Finishing

Untuk tahap paling akhirnya, dokumen pengiriman beserta surat jalan akan diperiksa kembali. Kemudian barang diberikan melalui kurir untuk segera dikirimkan kepada penerima.

Seluruh keempat proses yang berlangsung ini umumnya memakan waktu selama satu hari lamanya, dan bisa lebih lama pada momen besar seperti hari raya, pesta belanja online, dan sebagainya.

Selain prosesnya menggunakan tenaga manusia, beberapa ekspedisi juga sudah mulai memanfaatkan tenaga robot untuk mempercepat proses penyortiran barang di gudang dan meminimalisir kesalahan.

Ternyata, kehadiran gudang penyortiran amatlah bermanfaat dan membantu pihak ekspedisi dalam mengurus paket yang kapasitasnya amat besar. 

Anda mencari gudang sortir luas untuk mendukung usaha? Mooleh.com jawabannya! Dukung kelancaran usaha anda dengan penyewaan gudang penyortiran yang aman, terpercaya, dan luas.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN