ADA BERITA APA HARI INI?

Mengenal Apa Itu Resi Dan Kegunaannya

TIPS
User

joshua

03 November 2022

Apa itu resi ? dalam sebuah bisnis online, khususnya yang berkaitan dengan transaksi jual beli. Jasa ekspedisi memiliki peranan yang vital di dalamnya, karena merekalah yang bertugas untuk mengantarkan barang dari penjual kepada pembeli dengan aman dan tepat waktu.

Dan untuk memantau keberadaan barang tersebut, para jasa ekspedisi menyediakan nomor resi pengiriman. Lalu apa itu resi ? berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

Apa Itu Resi ?

Jika ditanya tentang apa itu resi, maka kebanyakan orang akan menjawab bahwa resi merupakan sebuah nomor yang digunakan untuk melacak keberadaan barang yang dipesan. Yups, itu benar.

Sekarang kita akan membahas terkait apa itu resi, resi merupakan sebuah nomor unik yang diberikan oleh jasa ekspedisi setelah barang yang dibeli akan dikirim. Nomor unik inilah yang nantinya akan digunakan sebagai sebuah bukti pengiriman dari pihak penjual ataupun pembeli.

Kemudian selain dari itu, bagi penerima atau pembeli ini dapat menggunakan resi ini untuk melacak status dari barang yang dikirim tersebut.

Kegunaan Nomor Resi

1. Sebagai Bukti Bahwa Paket Sudah Dikirim

Nomor resi dapat digunakan sebagai sebuah bukti bahwa paket kamu sudah dikirim, naik dari pihak penjual online maupun oleh pihak ekspedisi. Nomor ini akan langsung diberikan oleh pihak ekspedisi ketika sudah menerima barang tersebut dan siap untuk dikirimkan.

2. Identitas Paket

Fungsi dari nomor resi tersebut adalah sebagai sebuah identitas dari sebuah paket. Identitas inilah yang dapat membedakan antara paket satu dengan paket lainnya. Misalnya seperti ketika paket terselip, maka paket akan mudah untuk dilacak dengan nomor resi ini. 

3. Melacak Paket

Kemudian kegunaan nomor resi ini adalah dapat dijadikan sebagai sebuah alat untuk melacak keberadaan paket. Hal ini karena nomor resi dapat mendeteksi dimana keberadaan paket serta posisi terakhirnya. Sehingga nomor resi ini juga dapat dijadikan petunjuk untuk mengetahui apakah paket sudah sampai atau belum.

4. Mengambil Paket

Kegunaan lainnya dari resi ini adalah untuk mengambil paket di kantor jasa ekspedisi. Hal ini biasanya terjadi pada paket nyasar atau saat pengiriman di tempat tujuan tidak ada orang, maka paket tersebut akan disimpan di kantor. Dan kamu dapat mengambil paket tersebut dengan menggunakan nomor resi sebagai syarat pengambilan.

Manfaat Cek Resi

1. Melakukan Tracking Barang

Manfaat dari melakukan cek resi yang pertama adalah kamu bisa melakukan tracking barang. Setelah nomor resi sudah diberikan, sebaiknya kamu menjaganya dan jangan sampai hilang.

Karena dengan nomor resi tersebut kamu dapat melakukan tracking dan mengetahui lokasi dari keberadaan paket kamu. Dan yang paling penting jangan sampai nomor resi tersebut diketahui oleh orang lain, karena ditakutkan akan ada penyalahgunaan dari orang lain terhadap nomor resi tersebut.

2. Mengetahui Kondisi Barang

Manfaat lain dari cek nomor resi ini adalah kamu dapat mengetahui kondisi barang yang kamu beli. Bukan hanya satu atau dua kali tapi kamu dapat melakukannya beberapa kali jika ada barang yang salah kirim. Dan kamu dapat melakukan cek resi pada web Mooleh.com. 

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN