ADA BERITA APA HARI INI?

Pengertian Surat Jalan Pengiriman Barang Dan Fungsinya Yang Perlu Diketahui

UMUM
User

joshua

01 November 2022

Keberadaan dari surat jalan pengiriman barang ternyata menjadi dokumen yang sangat penting bagi para pelaku usaha kepada konsumennya. Dokumen perjalanan itulah biasanya dapat terlampir ke dalam berbagai bentuk sesuai dengan kebutuhan dari pihak perusahaan. 

Kendati demikian terdapat pula surat perjalanan dimana mempunyai format tertentu sekaligus informasi yang detail. Apabila anda merupakan seorang pemilik usaha  perdagangan ataupun retail, maka saat akan menyuplai barang ke konsumen sangat disarankan memberikan dokumen tersebut. walaupun bukan tergolong dokumen wajib tetapi memang membuat bisnis semakin terlihat profesional. 

Pengertian Surat Jalan Pengiriman Barang 

Kendati keberadaan dari istilah satu ini sudah familier bagi sebagian besar orang tetapi bagi anda yang baru pertama kali menggunakan layanan ekspedisi ataupun mengirimkan barang maka perlu memahami pengertiannya terlebih dahulu. 

Dimana surat jalan barang sendiri menjadi dokumen yang sangat penting karena berisi semua barang yang termasuk ke dalam pengiriman ataupun sebagai nota atau tanda pengiriman. Dokumen tersebut biasanya terlampir di dalam pengiriman sekaligus mencantumkan jumlah produk ketika pengiriman tetapi tidak termasuk harga apapun. 

Salinan tagihan itulah nantinya akan dikembalikan oleh pihak penjual sebagai bukti pengiriman nantinya. Kehadiran dari dokumen itulah ternyata sangat berguna sebab supplier bisa memastikan bahwa semuanya bisa berjalan sesuai dengan planning pengiriman. 

Sesudah ditandatangani serta dikembalikan maka dokumen tersebut nantinya bisa berfungsi sebagai bukti bahwa semua barang telah diterima serta konsumen juga puas dengan layanannya. Tujuan dari dibuatnya dokumen tersebut agar suatu perusahaan mempunyai data akurat sekaligus terintegrasi dengan baik. 

Warna Surat Jalan Barang 

Secara umum nantinya akan terdapat 3 atau 4 lembar bagian dari surat barang tersebut dimana masing-masing mempunyai fungsi tersendiri. Tetapi memang paling banyak digunakan adalah dengan 3 lembar berkas. 

Dimana lembaran pertama tersebut mempunyai warna putih yang digunakan sebagai bukti pengiriman barang dan akan diserahkan kepada pihak pengirim. Lembar kedua berwarna merah yakni sebagai bukti pemesanan barang dan diserahkan kepada penerima barang. 

Lembar ketiga biasanya mempunyai warna kuning dan digunakan sebagai bukti transaksi yang nantinya akan diserahkan kepada pihak keuangan atau sebagai arsip pihak dari pengirim nantinya. 

Fungsi Dari Surat Jalan 

Kalau dilihat dari pengertiannya di atas, dokumen satu ini memang mempunyai peran sangat penting dalam proses pengiriman. Adapun fungsi utamanya yakni memberikan informasi mengenai pengiriman barang tetapi terdapat fungsi lainnya seperti 

  1. Merupakan dokumen resmi antara pihak pengirim dan penerima 
  2. Sebagai dokumen acuan ketika akan dilakukan pengecekan ataupun pemeriksaan muatan sehingga proses birokrasi lebih mudah
  3. Digunakan sebagai bukti pengiriman resmi dari pihak ekspedisi dan penjual bahwa barang sudah sampai ke tempat tujuan. 

Kehadiran dari surat tersebut memang mempunyai peran yang sangat penting. Ketika anda menggunakan layanan pengiriman ke luar negeri dari Mooleh.com maka akan memperoleh surat jalan pengiriman barang.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN