ADA BERITA APA HARI INI?

Tugas Kurir Ekspedisi, Tak Hanya Mengirim Barang

UMUM
User

joshua

31 October 2022

Maraknya bisnis online shop setelah pandemi beberapa waktu lalu, membuat orang-orang lebih berminat melakukan belanja online. Di mana hal tersebut berpengaruh pada keberadaan kurir sebagai pengantar barang sehingga banyak yang berminat dengan pekerjaan tersebut. Perusahaan ekspedisi yang menyediakan jasa pengiriman barang profesional memerlukan jasa kurir ekspedisi dalam jumlah besar untuk mengoperasikan armada yang dimiliki oleh perusahaan. 

Armada yang dimaksud adalah sarana pengiriman barang perusahaan, seperti sepeda motor, mobil pick up, kontainer, truk, dan masih banyak lagi. Dalam hal ini, perusahaan akan menyediakan setidaknya lebih dari 15 unit sepeda motor guna memudahkan proses pengiriman barang sehingga bisa sampai tepat waktu. Selain itu, kurir juga memegang tanggung jawab atas barang yang dikirimnya agar tetap aman dan dalam keadaan baik. 

Sebagai toko online shop yang mengutamakan kepuasan, tentu penting untuk mempertimbangkan kurir yang bisa mengirim barang dalam waktu singkat serta barang dipastikan dalam keadaan baik-baik saja. Tak hanya itu, tugas kurir pun berbeda-beda sesuai lokasi penempatannya. Beberapa kurir untuk langsung mengurus pengiriman barang ke penerima, ada pula yang tugasnya mengambil barang dari pelanggan, dan masih banyak lagi. Berikut  tugas kurir ekspedisi lebih lengkapnya:

1. Mengantarkan Barang Sampai Ke Alamat Tujuan

Tugas utama kurir adalah mengantar batang ke alamat yang dituju, biasanya juga bertugas mengambil barang yang akan dikirim karena belum banyak jasa pengiriman yang mempunyai jasa penjemput barang. Terlebih, banyaknya online shop sekarang yang mengirimkan barangnya pastilah kurir. 

Walaupun pengiriman yang dilakukan kurir ini bisa beragam sesuai ukuran, jumlah, berat barang, dan lainnya akan disediakan kendaraan sesuai barang yang dikirim. Biasanya pengiriman barang berukuran besar ataupun dalam jumlah yang banyak akan menggunakan kendaraan roda empat atau truk demi sampainya barang ke tujuan. Sedangkan untuk barang berukuran kecil sampai sedang bisa diangkut dengan sepeda motor. 

2. Menjaga Keadaan Barang Agar Tetap Aman Sampai Di Tujuan

Tak hanya mengirimkan barang, memastikan barang yang diantar sampai di tangan penerima dalam keadaan baik dan aman merupakan tugas kurir. Maka dari itu, penting bagi kurir untuk menaati SOP dari perusahaan ekspedisi. Dalam hal ini, kurir harus berhati-hati pada barang yang telah diberi tanda khusus mudah pecah atau perlu memerhatikan agar paket tidak terkena air, dan masih banyak lagi. Kurir harus menjaga barang tetap aman selama perjalanan sesuai dengan SOP perusahaan. 

3. Mendata Sejumlah Data Selama Proses Pengiriman

Kurir harus tetap melakukan sejumlah pendataan selama proses pengiriman sehingga pihak pengirim maupun penerima barang bisa memeriksa situs penyediaan layanan jasa pengiriman. Selain itu, pendataan proses pengiriman ini juga membantu kepercayaan pelanggan serta menjadi patokan jika paket benar-benar dikirim ke tempatnya serta tidak ada kesalahan alamat. 

4. Melakukan Transaksi COD

Kini, banyak online shop yang menerapkan sistem COD atau bayar di tempat sehingga kurir sebagai pengirim barang berperan penting dalam hal ini. Apabila ada pelanggan yang menggunakan sistem pembayaran COD, kurir akan menerima pembayaran, lalu menyampaikannya ke pihak kantor ekspedisi. 

Setelah mengetahui tugas-tugas kurir ekspedisi, hendaknya memilih tenaga pekerja kurir yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, pertimbangkan kurir yang terpercaya untuk mengirim barang online yang akan Anda kirimkan agar barang bisa sampai tepat waktu dengan selamat. Kurir ekspedisi mana nih yang akan Anda pilih? Mooleh bisa menjadi pilihan untuk jasa pengiriman ekspor dan impor yang bisa dipercaya

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN