ADA BERITA APA HARI INI?

3 Fungsi Manajemen Logistik Yang Harus Anda Pahami

UMUM
User

joshua

08 March 2023

Mengelola suatu bisnis bukanlah perkara mudah. Ada berbagai tantangan yang harus dihadapi, baik dari eksternal maupun internal. Salah satu tantangannya adalah manajemen logistik.

Makin besar suatu bisnis, maka perencanaan logistiknya pun lebih kompleks. Perencanaan logistik tentunya tak boleh dianggap remeh karena memiliki peran yang sangat besar. Nah, berikut ini fungsi dari perencanaan logistik yang harus dipahami oleh pelaku bisnis.

Fungsi Manajemen Logistik Dalam Bisnis Online

Memiliki usaha sendiri adalah impian banyak orang. Tak mengherankan jika populasi toko online pun makin melejit dari waktu ke waktu. Namun, untuk memastikan bisnis berjalan dengan baik, Anda harus apa saja fungsi dari perencanaan logistik.

  1. Memastikan Stok Aman

Salah satu fungsi perencanaan logistik adalah memastikan stok barang atau produk Anda aman. Biasanya ada analisis produk yang dilakukan oleh pelaku bisnis online, mulai dari skala prioritas hingga ketersediaan produk.

Dalam memastikan stok aman tak semudah yang dibayangkan. Sebab di tahap perencanaan ini Anda harus memperhatikan anggaran yang ada dan kemudahan dalam mengakses suatu barang. Sebab itu, perencanaan logistik juga harus disertai dengan perencanaan keuangan yang tepat. 

  1. Penganggaran 

Jika memastikan stok aman termasuk pada tahap perencanaan, maka manajemen logistik yang berikutnya adalah penganggaran. Pada tahap ini, Anda harus memastikan bahwa kebutuhan pengadaan barang sudah sesuai dengan anggaran yang ada. Jika anggaran yang Anda miliki tidak sesuai, maka Anda harus mencari cara agar usaha tetap jalan tanpa membebani finansial bisnis Anda.

  1. Fungsi Pengadaan Dan Penyimpanan

Tahap yang berikutnya adalah pengadaan barang. Ketika anggaran tidak memadai, maka Anda harus mencari solusi untuk mengubah perencanaan. Anda perlu melakukan terobosan-terobosan baru agar logistik tidak kosong. Sebab kekosongan logistik dapat menghambat operasional bisnis.

Selain itu, penyimpanan juga menjadi faktor lain yang harus dipikirkan matang-matang. Anda butuh tempat penyimpanan atau gudang yang memadai untuk menyimpan semua logistik. Barang0barang yang masuk pun harus didata dengan benar agar lebih mudah dalam mengelolanya.

Memilih Ekspedisi Yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Mengelola suatu bisnis tidak cukup dengan memiliki perencanaan logistik yang matang. Anda juga harus memikirkan soal ekspedisi yang akan digunakan. Terlebih lagi jika Anda butuh ekspedisi yang bisa melayani pengiriman hingga ke luar negeri.

Selain memastikan ekspedisi yang digunakan memiliki reputasi yang baik, Anda harus memikirkan soal kemudahan dalam menggunakan jasanya. Begitupun dengan tarif dan layanan yang mereka tawarkan. Untungnya, mengirim barang ke berbagai wilayah di Indonesia dan luar negeri jadi lebih mudah lewat Mooleh.com.

Manajemen logistik yang baik didukung dengan ekspedisi berpengalaman seperti Mooleh akan membuat bisnis Anda makin berkembang. Jadi, tunggu apa lagi? Cari info pengirimannya lewat aplikasi sekarang juga

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN