ADA BERITA APA HARI INI?

5 Tips Memilih Jasa Forwarder Yang Tepat

TIPS
User

joshua

23 January 2023

Kegiatan ekspor barang menjadi andalan pebisnis yang ingin memperluas jangkauan pasarnya. Ekspor barang ke luar negeri membutuhkan jasa kirim yang tepat. Jasa forwarder adalah kebutuhan pebisnis yang ingin mengekspor barang ke luar negeri. Dengan memilih forwarder yang tepat, kegiatan ekspor barang menjadi lebih aman. 

Apa Itu Jasa Forwarder?

Apa itu forwarder? Jasa forwarder adalah jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan yang mempunyai peran utama dalam menjalankan berbagai aktivitas terkait freight forwarding. Kegiatan ini biasanya meliputi eksportir, shipper, importir, dan semua jenis pengiriman barang secara aman dan hemat. Jasa ini menawarkan pengiriman dari darat, laut dan udara dengan range harga yang bervariasi. 

Tips Memilih Jasa Forwarder Yang Tepat 

Memilih jasa forwarder yang tepat adalah suatu keharusan agar barang ekspor bisa sampai ke tujuan dengan selamat. Inilah beberapa tips memilih jasa forwarder yang baik. 

1. Informasi Yang Jelas

Saat Anda mencari jasa forwarder untuk kegiatan ekspor, pastikan perusahaan tersebut memberikan informasi jelas dan lengkap meliputi kontak, identitas perusahaan, dan lokasi kantor. Ada beberapa jasa forwarder yang terlihat bagus dan meyakinkan melalui websitenya. Tetapi, terkadang tidak sesuai dengan kenyataan dimana kantornya kecil dan tak meyakinkan. 

2. Garansi 

Jasa forwarder yang baik harus mempunyai garansi. Pemesanan barang dalam jumlah banyak pastinya memiliki nilai tinggi. Maka sebagai perantara yang baik, pihak jasa pengiriman harus meminimalkan kesalahan dan memberikan garansi untuk ganti rugi bila ada sesuatu saat proses pengiriman barang. Anda bisa memperhatikan beberapa jasa forwarder yang memberikan garansi terbaik. 

3. Track Record 

Anda juga harus melihat track record dari perusahaan penyedia jasa forwarder. Pastikan Anda memilih sumber dan informasi terpercaya untuk mendapatkan referensi pilihan jasa forwarder. Perusahaan itu memiliki kualitas menurun atau sedang berkembang. Pastikan Anda memilih perusahaan jasa forwarder dengan track record yang baik. 

4. Transparansi 

Pastikan jasa pengiriman tersebut memiliki transparansi mengenai status pengiriman. Hal ini membuat pihak eksportir merasa aman mengirim barang dagangannya ke luar negeri. Anda bisa mengecek proses pengirimannya sampai tahap mana secara mudah bila jasa forwarder tersebut memberikan transparansi dan akses. Pastikan pihak forwarder mudah dihubungi saat proses pengiriman untuk menanyakan informasi lebih lanjut. 

5. Sesuai Kebutuhan 

Layanan jasa forwarder bisa berbeda satu sama lain. Anda harus teliti dalam memilih jasa forwarder yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan Anda bisa memilih jasa forwarder dengan tepat. Biasanya setiap jasa forwarder memiliki keunggulan tersendiri untuk mengirimkan barang ke luar negeri. Anda bisa mencari tahu referensi dan review terhadap kebutuhan dan keunggulan masing-masing forwarder. 

Itulah tadi beberapa cara memilih forwarder yang tepat untuk kegiatan ekspor dan impor barang.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN