ADA BERITA APA HARI INI?

Berikut Ini Cara Perusahaan Logistik Dalam Sortir Barang

UMUM
User

joshua

08 May 2023

Kegiatan sortir barang biasanya dilakukan logistik untuk mempermudah aktivitas distribusi. Sortir adalah kegiatan memisahkan barang sesuai dengan kategorinya. Kegiatan ini berperan besar dalam arus distribusi barang. Jadi, bagaimana cara perusahaan melakukan sortasi paket-paketnya? 

Metode Sortir Yang Digunakan Oleh Perusahaan Logistik

Perusahaan logistik melakukan sortir barang melalui proses yang panjang. Barang-barang akan dipilah berdasarkan kategorinya masing-masing. Secara umum, pengelompokkan kategori barang terbagi menjadi empat:

1. Alamat

Barang yang sudah melewati proses panjang akan dikelompokkan sesuai dengan alamat tujuan. Barang akan disortir berdasarkan wilayah-wilayah tertentu sehingga memudahkan proses pengiriman oleh kurir. Jadi, barang-barang yang memiliki alamat yang sama akan diantar kurir dalam sekali jalan.

2. Ukuran

Barang-barang juga dikelompokkan berdasarkan ukuran. Pengelompokkan secara ukuran akan mempermudah penataan barang ketika di dalam armada logistik. 

Barang yang ukurannya besar biasanya akan dimasukkan ke dalam armada mobil seperti mobil pickup. Sementara itu, barang dengan ukuran kecil bisa dikirim dengan sepeda motor.

3. Jenis Jasa Yang Dipakai

Setiap perusahaan logistik biasanya memiliki berbagai paket layanan pengiriman. Ada layanan pengiriman reguler, same day, next day, dan lain sebagainya. Barang-barang akan disortasi berdasarkan layanan yang dipilih oleh pelanggan.

Biasanya barang dengan paket layanan pengiriman di hari yang sama akan didahulukan. Sementara itu layanan pengiriman reguler akan disesuaikan dengan maksimal pengiriman.

4. Jenis Barang

Sortir barang juga dilakukan pada jenis barang. Karena ada beberapa barang yang membutuhkan perlakuan khusus. Misalnya barang elektronik, barang pecah belah, barang bahan kimia, dan lain-lain. Oleh sebab itu, demi menjaga barang dari kerusakan barang-barang tersebut harus dikelompokkan berdasarkan jenisnya.

Berapa Lama Barang Disimpan Di Gudang Sortir?

Lamanya barang ketika berada di tempat sortiran tidak menentu. Ada beberapa barang yang hanya perlu beberapa jam untuk bisa dikirim atau bahkan bisa sampai harian. Durasi ini tergantung dengan berapa banyak barang yang harus dikirim pada daerah tertentu.

Semakin banyak jumlah paket pada suatu daerah maka semakin maka semakin cepat kurir akan mengantarkan barang tersebut. 

Proses Pengiriman

Paket-paket yang sudah dikelompokkan berdasarkan wilayah tujuan yang sama, pasti segera dikirimkan. Estimasi waktu pengiriman juga bervariasi, ada berbagai faktor yang mempengaruhinya.

Selain paket layanan yang dipilih, durasi pengiriman juga bergantung kepada lokasi dan jarak. Semakin jauh antara daerah pengirim dan daerah penerima, maka waktu yang diperlukan juga semakin lama. Estimasi setiap pengiriman biasanya sekitar 3 hari sampai 7 hari kerja.

Namun, kini anda tidak perlu khawatir sebab perusahaan logistik biasanya memberikan anda fitur pelacakan resi. Salah satunya adalah Mooleh.com. Mooleh memberikan anda kemudahan dalam pelacakan barang kiriman anda.  Selain itu anda bisa cek resi luar negeri di Mooleh.

Demikian sudah pembahasan singkat mengenai cara perusahaan logistik dalam sortir barang. Semoga bisa memberikan wawasan baru untuk anda

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN