ADA BERITA APA HARI INI?

Berkenalan Lebih Dekat Dengan Sistem Logistik Di Indonesia

UMUM
User

joshua

06 May 2023

Kata logistik pasti sering anda dengar. Kata ini menjadi semakin familiar semenjak masifnya toko online. Secara umum logistik adalah ilmu menyimpan, menyalurkan, memelihara, dan menghapus suatu alat atau barang. Disini kami akan mengajak anda mengenal lebih dekat dengan sistem logistik.

Bagaimana Sistem Dari Logistik Bekerja

Sistem logistik adalah semua fasilitas yang berguna untuk menyalurkan logistik. Fasilitas ini dibentuk sebagai sebuah sistem agar arus penyaluran barang bisa berjalan semestinya.

Setidaknya ada lima sistem yang harus ada dalam dunia logistik.

1. Lokasi Fasilitas

Fasilitas logistik harus memiliki lokasi yang jelas. Sebab, fasilitas ini akan menampung barang-barang yang diterima dan diangkut. Selain itu, fasilitas ini bisa berguna untuk sarana pelayanan kepada pelanggan.

2. Transportasi

Tanpa transportasi kegiatan logistik tidak akan bekerja. Oleh sebab itu, perusahaan biasanya memiliki tiga alternatif armada logistik.  Armada pertama adalah armada yang dimiliki secara dibeli atau disewa.

Armada logistik hasil jalinan kerjasama dengan perusahaan spesialis transport. Dan menggunakan jasa dari perusahaan armada transportasi yang sudah terverifikasi. 

3. Pengadaan Dan Persediaan

Pengadaan dan persediaan dalam sistem logistik berperan besar dalam kelangsungan perusahaan. Perusahaan harus bisa mengontrol dan mengatur persediaan dan penyimpanan. Sehingga persediaan bisa digunakan dan disalurkan. Dengan manajemen yang baik, jumlah barang yang diantarkan oleh perusahaan akan sesuai dengan pesanan klien. 

4. Komunikasi

Tanpa komunikasi perusahaan logistik akan mendapatkan masalah serius. Komunikasi yang buruk bisa mengakibatkan kesalahpahaman laju logistik. Hasilnya akan terjadi kekurangan persediaan barang dan segala permasalahan lainnya.

5. Penyimpanan

Pengepakan, pergerakan, dan pengemasan termasuk ke dalam aspek penyimpanan dalam logistik. Aspek penyimpanan berkaitan erat dengan arus persediaan yang berguna untuk memenuhi kebutuhan atas suatu produk.

6. Kegiatan Logistik

Ada berbagai kegiatan logistik yang saling berhubungan satu sama lain. Kegiatan dalam logistik antara lain:

1. Pelayanan pelanggan

2. Prediksi permintaan

3. Manajemen persediaan

4. Komunikasi

5. Penanganan material

6. Proses pemesanan

7. Pengemasan

8. Layanan pendukung

9. Seleksi lokasi penyimpanan dan lokasi pabrik

10. Purchasing

11. Reverse logistics

12. Transportasi 

13. Pergudangan dan penyimpanan

Manfaat Logistik

Kegiatan logistik pasti memiliki tujuan. Tujuan utama dari logistik adalah ketersediaan produk pada waktu dan tempat yang tepat. jadi, alur pergerakan barang akan berjalan dengan lancar dari produsen sampai ke pelanggan. Dengan logistik, akan tercipta suatu keseimbangan antara kualitas layanan dan besaran biaya yang dikeluarkan.

Logistik memiliki peran yang besar dalam kehidupan saat ini. Melalui sistem logistik juga, kini perekonomian masyarakat Indonesia menjadi semakin maju. Karena bisa mengirim barang antar provinsi bahkan antar pulau dengan mudah. Jangan lupa untuk menggunakan Mooleh.com sebagai jasa logistik andalanmu.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN