ADA BERITA APA HARI INI?

Cara Mengirim Barang Ke Luar Negeri Dengan Benar, Prosedur Pengiriman Tidak Sesulit Itu Kok!

TIPS
User

joshua

10 November 2022

Sudah banyak lho produk Indonesia yang diminati oleh pasar internasional. Jangan salah, kerajinan tangan yang biasanya banyak dinilai murah di dalam negeri punya nilai jual yang tinggi di luaran. Nah, kalau sudah begini, kita harus tahu cara mengirim barang ke luar negri, agar bisa menambah koneksi dan customer dari luar negeri juga. 

Peraturan Kirim Barang Ke Luar Negri

Nah, buat kamu pedagang atau sekedar ingin mengirim barang ke luar negri untuk sahabat atau keluarga, hal pertama yang wajib diperhatikan adalah mengetahui aturan untuk kirim barang ke luar negri. 

Berikut adalah peraturan untuk mengirim barang ke luar negri

  1. Berat barang tidak lebih dari 100 kg untuk satu pengiriman. Kalau beratnya lebih dari 100 kg maka akan diberlakukan ketentuan umum bidang import.
  2. Untuk mengirim produk makanan, minuman dan obat-obatan harus yang punya izin BPOM
  3. Untuk barang elektronik, contohnya handphone dan komputer tablet hanya boleh maksimal 2 item
  4. Jika mengirim tumbuhan, hewan, atau ikan harus mendapatkan izin pemasukan dari Badan Karantina

Prosedur Kirim Barang Ke Luar Negri 

Nah kalau sudah paham dengan aturan kirim barang ke luar negri tadi, saatnya mengirim barang. Berikut adalah prosedurnya, tidak sulit kok, cukup mirip dengan cara kirim barang domestik. 

1. Pilih Jasa Ekspedisi Yang Tepat 

Prosedur utama untuk kirim barang adalah memilih ekspedisi pengiriman. Pilih pihak jasa kirim yang tentunya harus bisa untuk ke luar negri, dan juga perhatikan kredibilitas jasa pengiriman. 

Buat kamu yang ragu ingin coba apa, bisa gunakan jasa ekspedisi Mooleh. Jasa ini bahkan menerima pengiriman import dan ekspor, jadi jangan ragu cek websitenya dan cari informasi lebih lanjut di sini.

2. Packing Barang Dengan Baik 

Prosedur selanjutnya adalah gunakan packing yang baik, jika perlu tambah bubble wrap atau pelindung kayu terutama untuk barang elektronik. Jangan lupa juga nama penerima dan alamat lengkapnya. 

3. Antar Paket Ke Jasa Ekspedisi

Kalau semua sudah beras, selanjutnya antar paket ke kantor jasa ekspedisi yang dipilih. Kalau kamu menggunakan jasa Mooleh, kamu bisa dapat free ambil paket dengan minimal bobot paket 2 kg wilayah JABODETABEK dan Bandung.  

4. Bayar Paket Sesuai Bobot 

Tahap berikutnya adalah kamu bayar paket yang akan dikirim sesuai dengan data alamat dan bobot barang. Bisa bayar ditempat atau bisa gunakan cara yang disesuaikan dengan jasa pengiriman. 

5. Jangan Buang Resi 

Kalau sudah mengisi semua data dan membayar semua keperluan pengiriman, kamu akan mendapatkan resi. Resi ini jangan sampai hilang atau dibuang. Dengan resi kamu bisa melacak posisi paket mu saat proses pengiriman berlangsung. 

Gimana? Mudahkan untuk mengirim barang ke luar negri? Kamu tidak perlu takut, jasa pengiriman profesional dan terpercaya suah pasti bisa menjaga kepercayaan pelanggannya. Pastikan kamu sudah memenuhi syarat kirim dan barang yang dikirim bisa sampai dengan baik juga. 

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN