ADA BERITA APA HARI INI?

Halangan Yang Sering Ditemukan Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang

UMUM
User

joshua

13 October 2022

Kemudahan dalam setiap pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain dalam kurun waktu relatif cepat sangat disukai oleh banyak konsumen. Dengan bantuan jasa ekspedisi pengiriman barang maka Anda tidak perlu berkunjung ke tempat yang menjadi asal barang tersebut. Semakin banyak konsumen memakai jasa kiriman barang atau jasa ekspedisi maka sedikit banyak akan muncul kendala. 

Apa Saja Kendala Yang Sering Dialami Oleh Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang?

1. Paket Rusak Saat Di Jalan 

Sebelum paket dikirimkan sebaiknya paket dikemas dengan standar yang baik. Misalnya, untuk barang pecah belah Anda bisa berikan catatan barang mudah pecah, dibungkus memakai bantalan yang sekiranya mampu melindungi barang selama perjalanan dari guncangan. Pihak jasa kiriman juga akan memberikan asuransi jaminan barang sebesar sekian persen jika diajukan oleh pihak konsumen. 

Tujuannya, sebagai bentuk layanan keamanan kiriman barang. 

2. Waktu Estimasi Lebih Panjang

Dalam setiap kiriman, tentu ada waktu tiba dari waktu berangkat paketnya. Kendala keterlambatan barang karena waktu yang lama bukan diakibatkan oleh lalai pihak kiriman tetapi biasanya alamat tujuan dan data pendukung lainnya kurang lengkap sehingga kurir yang mengantar kesulitan menemukan alamat tujuan. Minimal data alamat ada nomor rumah, RT, RW, kecamatan, nama desa, nama dukun, nama penerima dan nomor telepon aktif.

3. Paket Ditahan Oleh Pihak Bea Cukai

Biasanya jika ada barang ditahan oleh pihak bea cukai terjadi karena barang tersebut kurang dokumen pendukung, barang dilarang diimpor ke negara kita. Resikonya, konsumen harus mendatangi ke kantor bea cukai terdekat untuk memastikan kebenaran barang tersebut seperti apa.

4. Salah Isi Data 

Banyak konsumen yang salah mengisi data karena bingung dengan kolom formulir atau penempatan formasi data. Sebaiknya, Anda meminta bantuan ke pihak jasa saat mengisi karena fatal akibatnya jika salah mengisi ya!

Data yang tertulis nantinya akan dimasukkan ke dalam database komputer perusahaan jasa kemudian dikirim ke pusat untuk mendapatkan nomor resi. Salah data membuat data kiriman yang lain bisa jadi tertunda lama. Jadi, hati-hati ya saat menuliskan data. 

5. Bencana Alam

Bencana alam seperti banjir, hujan angin tentu membuat keterlambatan yang pasti sehingga banyak pihak yang harus memakluminya. Pihak jasa kiriman akan memberitahukan kepada konsumen bahwa ada kendala dan waktu kiriman terlambat selama beberapa hari. Saat hal ini terjadi, konsumen bisa memberikan kemasan paket agar lebih terjaga lagi. 

6. Paket Tertahan Di Gudang 

Paket yang ditahan di gudang tidak selalu dalam masalah di bagian dalam tetapi bisa juga dikarenakan faktor bencana alam. Sementara menunggu jalur aman maka semua paketnya akan ditahan hingga kondisi benar aman. Pihak jasa kiriman tidak mau mengambil resiko ketika memaksakan paket dikirim walaupun ada konsumen yang mau membayar lebih.

7. Eror Sistem Aplikasi 

Eror pada sistem terkadang menjadi sebuah kekesalan tersendiri terutama jika memakai jaringan internet yang lamban. Namun, tenang saja ya sebagian besar jasa ekspedisi telah bekerja sama dengan pihak pengelola internet dan teknisinya agar saat waktu layanan dan setelahnya tidak terjadi kesalahan sistem.  

Itulah kendala yang mungkin akan dihadapi ketika Anda mengirimkan barang memakai jasa ekspedisi kargo atau non kargo. Pihak perusahaan akan meminimalisir sebaik mungkin jika hal itu terjadi sehingga waktu kiriman bisa tepat, barang sampai dengan aman dan nyaman, serta layanan ramah

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN