ADA BERITA APA HARI INI?

Perlu Diingat! Gudang Logistik Adalah Hal Penting Dalam Pendistribusian Logistik

UMUM
User

joshua

10 May 2023

Ekspor dan impor menjadi aktivitas yang sudah tidak asing lagi di Indonesia. Berbagai barang atau logistik diterima maupun dikirimkan dari dan ke luar negeri. Dalam proses ekspor dan impor tersebut, diperlukan gudang logistik serta berbagai proses di dalamnya. Gudang logistik adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan bahan baku atau barang sebelum nantinya didistribusikan ke tempat tujuan.

Fungsi Gudang Logistik 

Tentunya dalam proses ekspor dan impor, ada banyak sekali jenis barang yang perlu didistribusikan, baik itu bahan mentah, barang setengah jadi, maupun barang yang sudah jadi. Sebelum dikirimkan ke lokasi tujuan pengiriman, barang-barang tersebut harus melalui serangkaian proses terlebih dahulu, salah satunya adalah penyimpanan di gudang logistik.

Ternyata gudang logistik ini tidak hanya sekedar tempat penyimpanan saja, tetapi juga memiliki fungsi yang lainnya, seperti,

1. Sebagai Tempat Terminal Konsolidasi

Terminal konsolidasi ini merupakan titik khusus yang digunakan untuk mengumpulkan berbagai jenis produk atau barang dari lokasi produk yang berbeda-beda. Setelah dikumpulkan di gudang, selanjutnya produk atau barang tersebut didistribusikan ke pelanggan secara bersama-sama, baik pelanggan yang ada di dalam maupun di luar negeri.

Misalkan ada tiga pabrik yang masing-masing memproduksi susu, biskuit, dan makanan beku. Ketiga jenis barang tersebut dikumpulkan di gudang logistik untuk selanjutnya dikirimkan ke pelanggan yang memang membeli ketiga jenis barang tersebut.

2. Sebagai Pusat Distribusi

Gudang logistik adalah tempat yang juga digunakan sebagai pusat penyaluran atau distribusi. Adanya gudang ini membantu memperluas jangkauan pengiriman barang.

3. Memecah Volume Barang Pesanan

Oleh karena pelanggan memerlukan barang dengan jumlah yang berbeda-beda, maka dari itu digunakan gudang untuk memecah volume barang dari pabrik agar sesuai dengan pesanan pelanggan.

Prosedur Pergudangan Logistik

Serangkaian proses di gudang logistik dilakukan secara sistematis dan dilakukan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Jadi semua barang tidak bisa keluar dan masuk sembarangan ke gudang. Dalam proses jni, akan dilakukan pendataan administratif dan juga pengecekan kondisi dan jumlah barang.

Serangkaian proses tersebut mulai dari penerimaan barang dari pabrik, penyimpanan barang yang telah diterima, pemeliharaan barang agar kondisinya tetap baik, pendistribusian barang ke tujuan pengiriman, pengendalian untuk memastikan semua barang yang keluar gudang tidak mengalami kendala, dan yang terakhir adalah proses pemusnahan barang-barang yang rusak atau kadaluarsa agar tidak menimbulkan pencemaran lingkungan.

Jasa Ekspor Impor Mooleh.com

Proses pendistribusian barang tentunya memerlukan jasa pengiriman terpercaya, maka dari itu sebaiknya Anda menggunakan jasa pengiriman Mooleh.com. Jasa pengiriman yang satu ini menyediakan layanan pengiriman dari Indonesia ke berbagai negara di dunia dengan harga yang terjangkau.

Dalam proses distribusi barang dari pabrik hingga sampai ke pelanggan ini, gudang logistik adalah salah satu yang memiliki peranan penting. Begitu juga dengan Mooleh.com sebagai aplikasi kirim barang internasional yang memberikan banyak kemudahan.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN