ADA BERITA APA HARI INI?

Tahukah Anda Apa Yang Dimaksud Dengan Kegiatan Ekspor

UMUM
User

joshua

04 November 2022

Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekspor dan juga impor, pasti Anda sudah mengetahui secara garis besar. Karena, kegiatan ekonomi yang satu ini berhubungan juga dengan pendapatan Negara dimana kegiatan ekspor impor bisa menjalin hubungan baik dengan berbagai Negara di dunia.

Definisi Ekspor Dan Impor

Untuk mengetahui arti yang sebenarnya dari apa yang dimaksud dengan kegiatan ekspor maupun impor, maka definisi dari ekspor adalah kegiatan perekonomian sebuah Negara yang menghubungan dengan kegiatan perdagangan internasional atau perdagangan antar Negara. 

Sedangkan pengertian kegiatan ekspor sendiri adalah kegiatan menjual barang ataupun jasa ke luar negeri. Sehingga, bisa dikatakan Anda yang melakukannya disebut eksportir. Sebaliknya kegiatan impor adalah kebalikan dari ekspor, yaitu kegiatan membeli barang atau jasa dari luar negeri. Kegiatan ekspor lah yang bisa menjadi devisa Negara atau sumber pendapatan Negara.

Kegiatan perdagangan ini tentunya tidak luput dari perhatian Pemerintah sebagai pengawas, melalui badan lembaga bea cukai yang menjadi pengawas lalu lintas sebuah Negara. 

Faktor Mempengaruhi Kegiatan Ekspor

Ada beberapa kondisi yang dijadikan faktor yang dapat mempengaruhi kegiatan ekspor di suatu Negara untuk makin memperdalam apa yang dimaksud dengan kegiatan ekspor tadi. Faktor tersebut seperti:

1. Iklim Usaha Yang Diciptakan Oleh Pemerintah Setempat

Pemerintah memang harus bisa menciptakan sebuah iklim usaha yang sedang musim dan menghasilkan keuntungan bagi Negaranya sendiri.

2. Keadaan Pasar Di Luar Negeri

Sebelum melakukan kegiatan ekspor, ada baiknya Anda selaku eksportir bisa mengetahui terlebih keadaan dan kondisi di luar Negeri atau di Negara yang akan dituju.

3. Komoditas Ekspor Khusus Untuk Negara Indonesia

Bagi Negara Indonesia, komoditas ekspor sangat dibutuhkan, seperti misalnya karet, batu bara, minyak sawit ataupun gas alam bahkan juga tekstil yang sangat mempengaruhi ekspor Negara.

4. Keahlian Eksportir Merebut Pasar

Seorang eksportir yang melakukan kegiatan ekspor tentunya harus memahami segalanya, termasuk memiliki keahlian dalam merebut pasar internasional.

5. Ketentuan Perjanjian Internasional

Dalam melakukan kegiatan ekspor, pastinya harus mengikuti ketentuan perjanjian internasional yang berlaku.

Tujuan Kegiatan Ekspor

Bukan hanya faktor yang mempengaruhi, jika Anda ingin melakukan kegiatan ekspor tentunya harus paham dengan tujuannya. Tujuan dari kegiatan ekspor antara lain:

1. Menambah Pendapatan/ Devisa Negara

Kegiatan ekspor memang sudah sangat dikenal sebagai kegiatan perdagangan yang dapat menambah pendapatan atau devisa Negara. Karena, hal tersebut memang merupakan tujuan utama dari ekspor. Dimana devisa artinya adalah nilai kekayaan suatu Negara dalam bentuk mata uang asing.

2. Memperbanyak Lapangan Kerja

Dengan adanya kegiatan ekspor, maka akan makin memperbanyak lapangan pekerjaan yang terbentuk dengan banyak lapangan kerja baru. Sehingga, memperkecil angka pengangguran. 

3. Mengendalikan Harga Produk

Tujuan terakhir dari ekspor adalah mengendalikan harga produk, yaitu memanfaatkan kapasitas berlebih dari sebuah produk.

Itulah ulasan singkat mengenai apa yang dimaksud dengan kegiatan ekspor dan impor tadi. Dengan penjelasan tersebut bisa Anda simpulkan bahwa kegiatan ekspor memang sangat menguntungkan terutama bagi pendapatan Negara yang bersangkutan. Semua penjelasan tadi juga bisa Anda ketahui secara detail pada Mooleh.com

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN