ADA BERITA APA HARI INI?

Mudah Dilakukan! Ini Cara Lacak Paket Cargo, ketahui Juga Jenis-jenisnya Layanannya

TIPS
User

joshua

07 October 2022

Cara lacak paket cargo penting untuk diketahui. Dengan begitu, otomatis dapat meminimalkan kemungkinan kesalahan pengiriman. Terlebih, paket cargo berbeda dengan paket reguler yang biasa kita gunakan. 

Untuk pengiriman cargo biasanya dikhususkan untuk barang bermuatan besar atau banyak dengan jarak tempuh beragam. Bisa antar kota, antarpulau bahkan antarnegara. Pengiriman juga dilakukan tidak hanya melalui darat tetapi juga udara dan laut. 

Jenis-Jenis Pengiriman Cargo

Seperti disebutkan sebelumnya, layanan pengiriman cargo tidak hanya mengandalkan jalur darat. Tetapi juga bisa menggunakan jalur laut ataupun udara. Adapun jenis-jenis pengiriman cargo adalah sebagai berikut: 

1. Cargo Udara

Cargo udara banyak dipilih dan menjadi salah satu pilihan terbaik bagi anda yang ingin mengirimkan barang dengan jumlah besar. Apalagi jika anda menginginkan barang anda cepat sampai. Pengiriman cargo via udara ini bisa dijadikan pilihan karena waktu pengirimannya hanya 2-3 hari saja. 

2. Cargo Laut

Pilihan kedua adalah pengiriman cargo melalui jalur laut. Salah satu alasan, mengapa jenis ini banyak dipilih lantaran harganya yang lebih terjangkau ketimbang jenis cargo udara. Meski begitu, waktu pengirimannya juga tidak secepat jalur udara. 

3. Cargo Darat

Terakhir adalah cargo darat. Biasanya, cargo darat dipilih oleh mereka yang jarak tempuh pengirimannya lebih dekat. Misalnya, pengiriman barang dengan jumlah besar antara kota. Harganya pun juga lebih murah ketimbang kedua jenis cargo sebelumnya. 

Cara Lacak Paket Cargo

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis pengiriman cargo di atas, ada baiknya untuk tahu juga cara lacak paket cargo. Lantas, bagaimana cara melacak pengiriman paket cargo anda baik melalui darat, udara maupun laut? Berikut ulasannya. 

1.Pastikan Anda Tahu Layanan Cargo Yang Dipakai

Hal pertama yang dilakukan yakni mengetahui layanan cargo apa yang digunakan. Saat ini memang banyak layanan pengiriman barang dengan jumlah besar. Anda pun bisa memilih sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk itu, ketahui layanan cargo mana yang digunakan untuk mengirimkan barang anda. 

2.Jangan Lupa, Minta Nomor Resi Pengiriman

Selanjutnya, saat anda mengirimkan barang dengan layanan cargo yag dipilih. Anda juga harus mengetahui nomor resi barang yang dikirim. Anda bisa meminta kepaa petugas saat menyerahkan barang tersebut. Catat baik-baik nmor resi ini untuk mengecek pengiriman anda. 

3.Cek Melalui Website Atau Aplikasi

Kemudian, anda bisa melacak paket ada melalui website ataupun aplikasi dari layanan pengiriman yang digunakan. Biasanya, setiap layanan pengiriman paket cargo menyiapkan layanan untuk tracking paket pelanggannya. 

Apabila anda tidak tahu alamat website layanan pengiriman paket anda, anda bisa mencarinya di Google. Ketikkan kata kunci cek resi layanan paket cargo anda, maka akan muncul pilihan yang diberikan. Selanjutnya, klik dan masuk ke layanan tersebut.

4.Masukkan Nomor Resi Ke Kolom Pelacakan

Untuk bisa melacak paket cargo, anda harus memasukkan nomor resi ke ke website atau aplikasi yang sudah dipilih. Ketikkan nomor resi tersebut denga benar, jangan sampai ada yang salah. Kemudian, akan muncul verifikasi captcha yang harus kalian centang atau ketikan sesuai petunjuk. 

Setelah itu, di bagian bawah, anda bisa klik cek resi. Dengan begitu, pelacakan paket cargo anda akan diproses. Tunggu beberapa saat maka, tracking paket cargo anda akan muncul. Biasanya, informasinya menunjukkan lokasi keberadaan paket anda saat itu juga. 

Nah, itulah ulasan mengenai cara lacak paket cargo anda. Ada pula ulasan mengenai jenis-jenis cargo yang bisa digunakan untuk menambah referensi anda. Penting diketahui, cek paket cargo anda ini penting dilakukan agar anda bisa melacak keberadaan paket tersebut.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN