ADA BERITA APA HARI INI?

Suka Belanja Online? Lakukan 5 Hal Ini Biar Paket Online Aman Sampai Tujuan

TIPS
User

joshua

26 September 2022

Belanja dan terima paket online sudah jadi bagian hidup yang tak terpisahkan buat kaum milenial. Pasalnya berbelanja secara online menawarkan berbagai kemudahan karena semua kebutuhan bisa didapat tanpa beranjak keluar rumah. 

Namun, bukan berarti belanja online tak memiliki risiko. Banyak kasus penipuan yang dialami oleh konsumen. Bahkan, tidak sedikit pula yang mendapati barang pesanannya datang dalam kondisi rusak atau tidak sesuai dengan pesanan. Agar terhindar dari risiko kerusakan, sebaiknya lakukan 5 tips berikut ini agar paketanmu sampai di rumah dalam kondisi aman.

Baca Keterangan Produk Sebelum Membeli

Jangan buru-buru check out kalau sudah menemukan barang incaran. Alangkah baiknya untuk membaca keterangan produk terlebih dahulu, terutama pada bagian harganya. Khusus untuk barang pecah belah, cari tahu apakah harga yang dicantumkan sudah termasuk bubblewrap dan kardus atau belum. Jika belum termasuk, maka kamu harus menambah biaya untuk kardus dan bubblewrap agar paket lebih aman.

Selain soal harga, baca keterangan stok produk yang tercantum di toko tersebut. Jika produk yang kamu incar memiliki beberapa varian, maka lihatlah varian mana yang stoknya tersedia. Dengan begitu, kamu tidak akan menyesal karena pihak penjual mengirimkan barang secara random.

Jangan Sungkan untuk Bertanya Pada Admin

Beberapa online shop mungkin mencantumkan deskripsi produk yang tidak detail. Akibatnya, tidak semua informasi diketahui oleh konsumen. Jika menemukan toko yang semacam ini, jangan sungkan untuk bertanya pada admin. Apalagi kalau barang yang dibeli adalah makanan.

Tanyakan apakah produk tersebut masih aman ketika melewati pengiriman selama berhari-hari. Hal ini juga berlaku untuk pembelian produk apapun. Pastikan kamu menanyakan hal-hal apa saja yang masih membuatmu ragu, salah satunya kemiripan produk dengan foto yang dipajang. Sebab beberapa barang memiliki tampilan warna yang berbeda antara foto dan aslinya.

Tambahkan Kardus Dan Bubblewrap Agar Produk Lebih Aman

Agar paket online lebih aman hingga tujuan, tambahkan kardus dan bubblewrap. Meski terkesan sepele, tapi penggunaan kardus dan bubblewrap sangat penting, terutama pada barang yang mudah pecah. Sebagian online shop sudah menyertakan bubblewrap dan kardus pada produknya dengan harga yang sedikit lebih mahal. Namun, sebagian lagi menerapkan biaya tambahan jika menginginkan packing dengan bubblewrap dan kardus.

Centang Asuransi Sebelum Check Out 

Di zaman sekarang, kamu bisa membeli semua kebutuhan secara online. Termasuk peralatan elektronik seperti smartphone, laptop, PC, dan lain-lain. Untuk barang-barang berharga tinggi seperti ini, sebaiknya tambahkan asuransi untuk mencegah kerugian akibat hal-hal tak diinginkan, seperti barang hilang.

Dengan menambahkan asuransi, pihak ekspedisi yang akan mengganti jika barang kamu hilang selama proses pengiriman. Beruntungnya, setiap marketplace sudah memiliki tambahan asuransi yang bisa kamu temukan saat akan melakukan pembayaran. 

Belanja Di Toko Terpercaya

Last but not least, pilihlah toko terpercaya saat berbelanja online. Reputasi dan kredibilitas dari toko online bisa kamu lihat lewat testimoni pelanggan. Jika testimoninya bagus, maka bisa dikatakan toko tersebut kredibel. Selain itu, lihatlah seberapa tinggi tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan toko tersebut. Dengan memilih toko yang terpercaya, kamu akan terhindar dari penipuan barang.

Berbelanja online memang menyenangkan, karena kamu bisa menemukan barang-barang incaran tanpa harus keluar rumah. Bahkan, dengan adanya metode pembayaran paylater, belanja online jadi makin mudah. Agar paket online aman sampai tujuan, lakukan lima hal di atas, ya

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN