ADA BERITA APA HARI INI?

Bagaimana Cara Cek Resi Kargo Luar Negeri? Simak Di Sini

TIPS
User

joshua

06 October 2022

Apakah Anda baru pertama kali mengirim barang ke luar negeri dan masih belum tahu bagaimana cara cek resi kargo luar negeri? Anda bisa tenang karena Kami akan membahasnya di dalam tulisan ini.

Bahkan bukan hanya cara untuk cek resi, Kami juga akan membahas tentang prosedur pengiriman barang dari dan juga ke luar negeri. Kita akan mulai bahas dari prosedurnya terlebih dahulu ya.

Booking Shipment

Prosedur pertama yang perlu Anda ketahui adalah booking shipment  yaitu proses pengisian data yang dibutuhkan supaya proses pengiriman dapat berjalan lancar.

Contoh data yang dibutuhkan adalah fotocopy dari surat NPWP, KTP serta SPPKP. Data ini akan bermanfaat untuk proses komunikasi seandainya terjadi hal yang darurat.

Dalam proses ini, Anda juga perlu mendeskripsikan barang yang akan Anda kirim dengan sejelas mungkin. Data barang ini akan membantu pihak pengirim supaya bisa memutuskan ruang yang tepat untuk meletakkan barang Anda ketika proses pengiriman dilaksanakan.

Pemeriksaan Kontainer

Setelah pengisian data tersebut, tahap selanjutnya adalah proses pemeriksaan kontainer. Di tahap ini, kontainer akan diperiksa apakah memiliki ruang kosong yang sesuai dengan barang yang akan dikirimkan atau tidak.

Memutuskan Berat Maksimal 

Setelah menemukan kontainer yang akan digunakan, langkah yang perlu dilakukan berikutnya adalah memutuskan berat maksimal dari isi kontainer tersebut. Berat dari barang yang dikirim akan sangat menentukan biaya pengiriman.

Karena itulah amat sangat dianjurkan bagi Anda untuk memeriksa biaya pengiriman barang dari beberapa tempat jasa pengiriman sebelum memutuskan mana yang paling cocok untuk digunakan.

Syarat Khusus

Anda perlu memenuhi beberapa syarat khusus untuk barang tertentu yang memang tidak bisa dikirim dengan cara biasa. Contoh barang yang termasuk dalam jenis ini adalah sayuran, telur, barang pecah belah sampai barang cair yang disimpan di dalam tangki

Hal yang perlu Anda lakukan ketika hendak mengirimkan barang tersebut adalah melapisinya supaya tidak mudah rusak dan juga memberitahukannya kepada petugas.

Cara Pembayaran Kirim Barang Ke Luar Negeri

Apabila Anda dalam posisi pengirim yang hendak mengirimkan barang ke luar negeri, terdapat dua jenis cara pembayaran yang bisa Anda lakukan. Pertama secara DP atau secara cash.

Untuk layanan pengiriman sendiri ada yang langsung dikirim ke alamat tujuan maupun perlu diambil oleh penerima di gudang ekspedisi. Anda bisa pilih mana yang paling cocok dan mudah untuk Anda dan juga penerima dari barang tersebut.

Cara Cek Resi Kargo Luar Negeri

Setelah tahu seluk beluk pengiriman barang ke luar negeri, saatnya Anda mengetahui bagaimana cara untuk cek resi kargo luar negeri. Hal ini akan bermanfaat ketika Anda ingin mengetahui status dari barang yang Anda kirimkan.

Untuk memeriksa status pengiriman terdapat beberapa situs yang bisa Anda gunakan. Hal yang paling penting dalam proses cek status ini adalah nomor resi pengiriman barang yang umumnya akan Anda dapatkan ketika mengirimkan barang ke luar negeri.

Dengan menggunakan nomor resi, Anda akan menemukan beberapa informasi seperti nama agen pengirim, tanggal dikirimkan, nama pengirim dan juga nama penerima barang.

Anda juga dapat melihat status pembayaran dari barang yang sedang dalam proses pengiriman tersebut.  Selanjutnya, Anda akan bisa melihat sampai dimana proses yang tengah dilalui barang tersebut sampai akhirnya tiba di tujuan.

Sekian informasi tentang cek resi kargo luar negeri, semoga membantu menjawab rasa ingin tahu Anda

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN