ADA BERITA APA HARI INI?

Ini Dia Cara Memilih Freight Forwarder Terbaik

TIPS
User

joshua

23 January 2023

Dalam kegiatan ekspor impor, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah freight forwarder. Istilah ini sebenarnya merujuk pada perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman barang. Namun layanan tersebut ternyata tidak hanya sekedar melakukan pengiriman seperti jasa ekspedisi pada umumnya. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Freight Forwarder?

Freight forwarder adalah perusahaan yang mengatur pengiriman barang dari satu lokasi ke lokasi lain menggunakan jasa ekspedisi darat, laut, maupun udara. Pengaturan tersebut termasuk pemesanan transportasi, menyiapkan dokumen dan administrasi yang dibutuhkan, hingga proses pembayaran. Selain itu forwarder juga menyediakan jasa layanan seperti konsultasi pengiriman, pengepakan, pengemasan, penyimpanan, pembayaran pajak, dan juga asuransi terhadap barang yang dikirim.

Keuntungan Menggunakan Layanan Forwarder

Ada banyak keuntungan yang akan diperoleh jika Anda menggunakan layanan ini, antara lain adalah

  • Menghemat Biaya Pengiriman

Layanan ini akan membantu Anda untuk mengoptimalkan biaya pengiriman karena mereka akan mencari dan memilih rute serta jenis transportasi yang paling efisien.

  • Kemudahan Mengurus Dokumen dan Administrasi

Untuk mengirim barang, apalagi ke luar negeri tentu ada banyak dokumen dan urusan administrasi yang harus dipenuhi. Dengan layanan ini, Anda tidak akan direpotkan dengan hal-hal tersebut karena sudah ditangani oleh pihak forwarder.

  • Kemudahan Monitor Barang Sampai Tempat Tujuan

Jasa forwarder saat ini sudah menyediakan fitur layanan pelacakan pengiriman secara real-time yang memberi informasi mengenai status pengiriman terkini. Jadi Anda tidak akan merasa khawatir selama proses pengiriman berlangsung dan dapat ikut memantau secara berkala. 

  • Mengurangi Resiko Pengiriman Internasional

Perusahaan forwarder dapat meminimalisir resiko yang mungkin terjadi selama proses pengiriman dengan menyediakan asuransi. Selain itu adanya layanan konsultasi pengiriman juga memastikan pelanggan benar-benar mendapatkan layanan yang sesuai dengan budget maupun kebutuhan

  • Menyediakan Layanan Penanganan Gudang

Proses pengiriman barang ke luar negeri, memerlukan prosedur yang lebih kompleks dibandingkan pengiriman di dalam negeri. Untuk itu jasa forwarder juga sudah menyediakan layanan penyimpanan dan penanganan gudang, yang memungkinkan barang untuk disimpan terlebih dulu sampai siap untuk dikirimkan.

Memilih Perusahaan Forwarder Terbaik

Ketika ingin mengirimkan barang ke luar negeri, memilih perusahaan forwarder tentu tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Apalagi jika Anda mengirim barang dalam skala besar dan untuk kepentingan usaha. Pasalnya hal ini nanti dapat berpengaruh terhadap reputasi bisnis. Untuk itu, Anda perlu cermat dalam menentukan layanan yang tepat.

Membandingkan beberapa jasa ekspedisi menjadi salah satu cara yang paling umum untuk mendapatkan layanan terbaik. Namun Ketika Anda harus mengunjungi situs-situs jasa forwarder satu per satu tentu akan menyita banyak waktu. Untuk itu, saat ini telah hadir aplikasi yang dapat memberikan solusi untuk memudahkan Anda memilih jasa forwarder yaitu Mooleh.com.

Mooleh.com merupakan situs dan aplikasi yang menyediakan informasi dari berbagai jasa freight forwarder. Aplikasi tersebut juga telah dilengkapi dengan fitur pengecekan tarif sehingga Anda akan lebih mudah untuk menemukan layanan yang paling sesuai dengan kebutuhan

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN