ADA BERITA APA HARI INI?

Jenis Ekspedisi Kargo Yang Perlu Anda Ketahui

TIPS
User

joshua

01 March 2023

Sebagai seorang pebisnis yang harus mengirimkan barang dalam jumlah besar ke berbagai daerah, tentunya Anda memerlukan jasa pengiriman barang terpercaya yang bisa memenuhi kebutuhan Anda. Ekspedisi kargo menjadi salah satu layanan yang bisa Anda gunakan.

Pengiriman Barang Kargo

Kargo adalah layanan pengiriman barang dalam jumlah besar, biasanya ada berat minimum dari barang yang akan dikirim agar bisa menggunakan layanan yang satu ini. Setiap jasa ekspedisi memiliki berat minimumnya masing-masing, secara umum berat minimum agar Anda bisa menggunakan layanan kargo adalah 10 kg.

Jika dibandingkan dengan pengiriman barang secara reguler atau pengiriman barang dalam jumlah kecil, layanan kargo ini memberikan harga atau ongkos yang jauh lebih murah. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi Anda yang harus mengirimkan barang antar kota atau bahkan antar provinsi.

Oleh karena barang yang dikirimkan dalam jumlah yang besar, pengiriman barang kargo biasanya menggunakan truk atau kapal. Dalam hal ini, waktu yang diperlukan untuk mengirimkan barang hingga barang sampai ke alamat tujuan juga menjadi lebih lama, biasanya memerlukan waktu 3 hingga 15 hari.

Jenis Pengiriman Kargo 

Jika dilihat berdasarkan cara pengiriman barangnya, ekspedisi kargo ini dibagi menjadi 3, yakni kargo darat, kargo laut, dan kargo udara. Berikut ini penjelasan lengkapnya untuk Anda.

1. Kargo Darat

Jika Anda akan mengirimkan barang ke alamat tujuan yang jaraknya dekat hingga menengah, dan alamat tujuan masih bisa dijangkau menggunakan jalur darat, maka layanan kargo darat menjadi pilihan yang tepat. Proses pengiriman barang biasanya menggunakan mobil, truk, dan kereta.

2. Kargo Laut

Layanan kargo laut digunakan jika Anda akan mengirimkan barang ke alamat tujuan dengan jarak yang cukup jauh seperti antar pulau atau bahkan lintas negara. Pengiriman kargo laut dilakukan untuk barang yang memiliki ukuran besar atau bobot yang sangat besar.

3. Kargo Udara

Layanan kargo udara bisa Anda gunakan saat akan mengirimkan barang dengan waktu yang lebih cepat. Barang bisa dikirimkan ke berbagai daerah bahkan hingga ke luar negeri. Hanya saja, untuk kargo udara ada batasan jumlah barang yang dikirimkan, dan juga Anda perlu membayar ongkos pengiriman yang relatif lebih mahal.

Selain memperhatikan cara pengirimannya, barang yang Anda kirimkan juga perlu dibedakan dalam beberapa kategori, yakni general cargo untuk barang-barang umum yang tidak terlalu memerlukan perhatian khusus, special cargo untuk barang-barang yang memerlukan penanganan khusus, dan dangerous cargo untuk barang-barang dengan resiko tingkat tinggi.

Jasa Pengiriman Kargo 

Apakah Anda sedang mencari jasa pengiriman barang kargo terpercaya? Tidak perlu bingung, Anda bisa menggunakan layanan ekspedisi kargo dari Mooleh.com. Jasa pengiriman barang yang satu ini memberikan pelayanan terbaiknya, sehingga Anda bisa dengan mudah mengirimkan barang melalui jalur darat, laut, dan udara ke berbagai daerah di Indonesia dan juga ke luar negeri.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN