ADA BERITA APA HARI INI?

Kegiatan Sortir Adalah Hal Penting Yang Tidak Boleh Terlewat! Inilah Manfaatnya

UMUM
User

joshua

06 May 2023

Kegiatan sortir adalah salah satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan saat ingin melakukan pengiriman barang. Lantaran, barang yang akan dikirim sifat, ukuran, dan ketahanannya berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum dikirimkan alangkah baiknya melewati penyortiran yang ketat dan sesuai dengan prosedur yang diinginkan.

Sortir juga dikenal dengan kegiatan pemisahan barang sesuai dengan sifat dan karakteristik tertentu. Sedangkan dalam dunia logistik, sortir diartikan sebagai pemisahan barang sesuai dengan alamat yang dituju. Kegiatan sortir ini sendiri secara langsung dilakukan oleh kurir, karena merekalah yang langsung terjun kelapangan.

Untuk proses sortir itu sendiri dapat dilakukan dengan memisahkan barang sesuai dengan alamat yang dituju, menggunakan three letter code atau resi pengiriman, menempatkan barang di gudang sortir mempersiapkan barang untuk dikirim, dan yang terakhir melakukan proses finishing.

Lalu, apa manfaat melakukan sortir itu sendiri? simak ulasan berikut untuk membantu membuka wawasan anda dengan kegiatan sortir itu sendiri. Untuk mendapatkan kualitas pengiriman yang berkualitas, andalkan saja Mooleh.com sebagai salah satu ekspedisi terpercaya. Berikut ini: 

Hemat Waktu Pengiriman 

Dengan melakukan kegiatan sortir sebelum mengirim barang, waktu yang digunakan bisa lebih efektif dan efisien. Pasalnya, barang yang akan dikirim sudah ditetapkan sesuai dengan alamat tujuan, mulai dari yang dekat hingga jauh.

Tidak hanya itu, kegiatan sortir barang juga akan memudahkan data manifes atau kumpulan daftar barang yang biasanya ada dalam pengiriman. Apabila produk sudah di sortir maka data manifest yang diberikan akan lebih sederhana dibandingkan sebelum penyortiran. Sehingga proses pengukuran dan kesalahan akan minim terjadi.

Menghindari Terjadinya Kesalahan Pengiriman

 

sortir adalah kegiatan yang digunakan untuk menghindari kesalahan pengiriman. Lantaran, sebelum dilakukan pengiriman terlebih dahulu barang dilakukan pemilahan berdasarkan sifat, karakteristik, tempat tujuan dan lainnya.

hal buruk yang bisa terjadi jika penyortiran tidak dilakukan yaitu terjadi salah kirim. Seharusnya barang dikirim ke tempat tertentu, justru malah salah arah dan akhirnya memperlambat waktu pengiriman. Oleh karena itu, proses sortir ini tidak boleh dilakukan sembarangan, harus dengan ketelitian.

Memisahkan Produk Dengan Sifat Dan Kondisi Tertentu 

Pada tahap sortir semua produk akan dilakukan pengecekan terhadap sifat dan kondisi sebelum dilakukan pengiriman. Oleh karena pada tahap ini bertujuan untuk mengurangi kerusakan yang harus ditanggung perusahaan dan ketidakpuasan yang dialami konsumen.

Meningkatkan Pelayanan Yang Diberikan 

Kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan juga sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya kualitas pelayanan akan membuat kepuasan konsumen meningkat. Jadi tidak heran jika tahap sortir ini dilakukan, penyortiran ini akan mempercepat kerja kurir ketika melakukan pengiriman barang.

Mudah Dalam Melakukan Pengecekan

sortir adalah akan membantu memudahkan dalam mengecek barang yang akan dikirim. Lantaran, pengecekan tidak dilakukan dengan data manifest namun dilakukan secara manual. Dengan hal ini, kerja setiap divisi akan terbantu. Jadi, tidak ada salahnya untuk melakukannya secara cermat, teliti, dan waspada agar supply chain tidak terjadi kendala.

Mooleh

Penyedia layanan ekspedisi luar negeri aman dan terpercaya

Operational Office
Location
  • Plaza Summarecon Bekasi 6th Floor - Unit 607

  • Jl. Bulaver Ahmad Yani Kav. KA001 Kota Bekasi, Jawa Barat 17142

Download Apps
Apple
Goolge
Warehouse
Location
  • Ruko Bekasi Town Square (Betos)

  • Jl. Cut Mutia Blok D-01 Bekasi Timur 17113

Media Sosial
  • Instagram
  • Facebook
  • Youtube
  • Twitter
  • IN